Wednesday, January 1, 2020

JALANI HARI DENGAN SUKACITA

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 1 Januari 2020

Baca:  Filipi 4:4-9

"Bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan! Sekali lagi kukatakan: Bersukacitalah!"  Filipi 4:4

Hari ini adalah hari baru di tahun 2020.  Bersyukur kepada Tuhan, karena anugerah-Nya semata kita bisa hidup sampai hari ini.  Dalam menyongsong hari-hari di tahun 2020 ini milikilah persiapan dan perencanaan hidup yang baik,  "Karena hanya dengan perencanaan engkau dapat berperang, dan kemenangan tergantung pada penasihat yang banyak."  (Amsal 24:6).  Banyak orang memprediksi bahwa tahun 2020 adalah tahun yang berat karena tantangan yang harus kita hadapi semakin berat, namun orang percaya tak boleh sedikit pun kehilangan semangat dan sukacitanya.  Bersama dengan Tuhan kita pasti beroleh kekuatan untuk menghadapi semuanya.

     Betapa pun hari-hari yang hendak kita jalani ini masih penuh misteri, karena tak seorang pun tahu apa yang akan terjadi esok, kita harus tetap percaya bahwa Tuhan selalu ada di setiap musim kehidupan kita.  Adalah bijak bila kita belajar dari rasul Paulus, yang dalam pelayanannya memberitakan Injil, harus menghadapi hari-hari yang teramat berat:  masalah, kesulitan, penderitaan, aniaya, tekanan atau serangan dari pihak orang-orang yang menolak Injil, termasuk juga bencana atau musibah:  "Dalam perjalananku aku sering diancam bahaya banjir dan bahaya penyamun, bahaya dari pihak orang-orang Yahudi dan dari pihak orang-orang bukan Yahudi; bahaya di kota, bahaya di padang gurun, bahaya di tengah laut, dan bahaya dari pihak saudara-saudara palsu. Aku banyak berjerih lelah dan bekerja berat; kerap kali aku tidak tidur; aku lapar dan dahaga; kerap kali aku berpuasa, kedinginan dan tanpa pakaian,"  (2 Korintus 11:26-27).  Puncaknya, Paulus tidak pernah mengeluh, bersungut-sungut, kecewa atau marah kepada Tuhan.

     Saat di penjara rasul Paulus tetap giat memberikan semangat dan motivasi kepada orang-orang percaya untuk tetap bersukacita  (ayat nas).  Ia tidak sekedar berteori tapi telah melakukannya sendiri.  Jika Tuhan di pihak kita, siapakah lawan kita?

Sekalipun dihadapkan pada banyak tantangan, rasul Paulus tak kehilangan semangat dan sukacitanya, karena mata rohaninya selalu tertuju kepada Tuhan.

14 comments:

  1. Halleluya terpujilah ALLAH πŸ™

    ReplyDelete
  2. Luar biasa untuk satu tahun yang telah kulewati Tuhan.. biarlah kiranya rahmatMu di tahun 2020 ini melimpah lagi atas hidupku. Amin

    ReplyDelete
  3. Selamat tahun baru.....
    Tak ku tahu kan hari esok, tapi ku percaya bersama Tuhan akan ku lewati sepanjang tahun ini dalam kasih dan tuntutan tanganNya.

    ReplyDelete
  4. Aminn....Tuhan mampukan saya untuk melangkah & semangat.

    ReplyDelete
  5. Tuhan yang selalu menyertaii πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡

    ReplyDelete
  6. Amin puji Tuhan di dalam Kristus YesusπŸ™

    ReplyDelete
  7. Trima kasi untuk renungan ini
    Bersama Yesus kami mampu melewati hari2 kami.amin

    ReplyDelete
  8. Amien,aku percaya Tuhan akan menyertai aku, dalam Kasih,dan Rahmatnya, melewati hari2ku dengan sukacita...

    ReplyDelete
  9. Amin hatiku percaya janjinya ya dan amin tidak pernah terlambat menolongku ketika aku berseruh Dia selalu ada untukku.

    ReplyDelete
  10. Amin... Puji Tuhan πŸ™
    Kami slalu tetap mengandalkan Tuhan di tahun baru ini, kekuatan kami tidak ada arti apa2 tanpa campur tangan Tuhan πŸ™ πŸ˜‡ πŸ™

    ReplyDelete