Wednesday, January 8, 2020

BERPERANG UNTUK MENANG

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 8 Januari 2020

Baca:  Roma 8:31-39

"Tetapi dalam semuanya itu kita lebih dari pada orang-orang yang menang, oleh Dia yang telah mengasihi kita."  Roma 8:37

Semua orang pasti menginginkan suatu kehidupan yang enak tanpa masalah, situasi yang menyenangkan, tenang, bahagia, berhasil, aman, damai, tanpa ada sesuatu yang pahit, tanpa ada pencobaan, tanpa ada masalah, tanpa ada peperangan.  Adakah kehidupan yang demikian?  Ini suatu kehidupan yang sungguh sangat tidak realistis.  Selama kita masih hidup di dunia ini kita semua takkan bisa melepaskan diri dari semuanya itu.  Hidup tanpa masalah sedikit pun hanya akan ditemukan di negeri dongeng!

     Alkitab tidak pernah mencatat bahwa orang percaya akan memiliki kehidupan yang tanpa ombak, gelombang dan badai.  Justru hidup orang percaya adalah hidup dalam peperangan dan pergumulan setiap hari!  Orang percaya adalah tentara-tentara Kristus yang harus siap berperang setiap hari.  Berperang melawan siapa?  1.  Iblis.  "...bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara."  (Efesus 6:12).  Iblis adalah musuh utama yang harus kita perangi.  2.  Dunia.  Ini berbicara tentang cara hidup yang berlawanan atau bertentangan dengan kehendak Tuhan.  Oleh karena itu firman Tuhan memperingatkan,  "Janganlah kamu mengasihi dunia dan apa yang ada di dalamnya. Jikalau orang mengasihi dunia, maka kasih akan Bapa tidak ada di dalam orang itu. Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia. Dan dunia ini sedang lenyap dengan keinginannya, tetapi orang yang melakukan kehendak Allah tetap hidup selama-lamanya."  (1 Yohanes 2:15-17).

     3.  Diri sendiri  (kedagingan).  Ini adalah musuh terdekat.  "...tiap-tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri, karena ia diseret dan dipikat olehnya. Dan apabila keinginan itu telah dibuahi, ia melahirkan dosa; dan apabila dosa itu sudah matang, ia melahirkan maut."  (Yakobus 1:14-15).  Untuk bisa menang dari diri sendiri  (kedagingan)  kita harus menempuh jalan  'salib'  yaitu dengan cara  'memaku segala keinginan diri sendiri'  di atas kayu salib.  Dengan pertolongan Roh Kudus kita pasti mampu.

Kemenangan takkan pernah kita raih tanpa kita mau berperang!

28 comments:

  1. Amin...Roh Kudus memampukan saya melewati setiap gelombang kehidupan.

    ReplyDelete
  2. Dalam berbagai pergumulan hidup,Firman Tuhan selalu menguatkan ku. Amin πŸ™πŸ˜‡

    ReplyDelete
  3. Amin Puji Tuhan πŸ™
    Tuhanlah Pabglima perang kami, bersama Tuhwn tidak ada satupun yang ditakutkan... πŸ™

    ReplyDelete
  4. Tuhan mampukan Aku untuk berperang 😊
    Aminn πŸ™πŸ™πŸ™
    God Bless πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡

    ReplyDelete
  5. Haleluya; segala perkara dpt kutanggung di dlm Dia yg memberi kekuatan kepadaku. Maranatha!

    ReplyDelete
  6. Amin Tuhan Yesus,,,apakabar? Selalu sertai kami semua kami mohon Tuhan. Amiiinnn

    ReplyDelete
  7. Amin...aku tidak kΓΉatir untuk berperang karena dengan iman aku yakin Tuhan selalu mendampingiku

    ReplyDelete
  8. Tidak ada pencobaan tapi yg ada ujian,agar dengan ujian sy naik level.Amen

    ReplyDelete
  9. Amin, Thanks God. Sangat terberkati!

    ReplyDelete
  10. Puji Tuhan .....tidak sesuatu apapun yg dapat memisahkan diriku dari kasih Allah...amin.

    ReplyDelete
  11. Tuhan mampukan aku untuk melewati semua pencobaan dan berikan ketaatan kepadaku πŸ™
    Amin

    ReplyDelete