Monday, December 30, 2019

MENJADI ORANG-ORANG TERJAJAH

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 30 Desember 2019

Baca:  Keluaran 1:1-22

"Sebab itu pengawas-pengawas rodi ditempatkan atas mereka untuk menindas mereka dengan kerja paksa:"  Keluaran 1:11

Bangsa Indonesia pernah mengalami masa-masa suram di waktu lalu yaitu ketika dijajah oleh bangsa lain.  Sejarah mencatat ada beberapa negara yang pernah menjajah Indonesia:  Portugis, Inggris, Belanda dan Jepang.  Saat berada dalam penjajahan, rakyat Indonesia benar-benar mengalami penderitaan lahir dan batin karena berada di bawah kekuasaan bangsa lain, alias diperbudak oleh bangsa lain.  Penderitaan yang dialami rakyat Indonesia antara lain:  1.  Romusha.  Panggilan bagi orang-orang Indonesia yang dipekerjakan secara paksa pada masa penjajahan Jepang.  2.  Rodi.  Kerja paksa tanpa pemberian upah bagi orang Indonesia pada masa penjajahan Belanda di Indonesia.

     Jauh sebelumnya Alkitab mencatat bahwa bangsa Israel mengalami masa-masa terberat dan bahkan berada di posisi terendah yaitu menjadi budak di negeri Mesir.  Seperti tertulis:  "...dengan kejam orang Mesir memaksa orang Israel bekerja, dan memahitkan hidup mereka dengan pekerjaan yang berat, yaitu mengerjakan tanah liat dan batu bata, dan berbagai-bagai pekerjaan di padang, ya segala pekerjaan yang dengan kejam dipaksakan orang Mesir kepada mereka itu."  (Keluaran 1:13-14).  Tidak hanya itu, bangsa Israel juga mengalami aniaya ketika mereka jatuh dalam dosa dan penyembahan berhala, karena mereka harus mengalami pembuangan di Babel dan kembali menjalani kerja paksa.

     Inilah gambaran tentang kehidupan orang-orang yang berada di luar Kristus!  Mereka masih hidup di dalam  'penjajahan'  karena dosa masih mengikat, membelenggu, memperbudak, dan menguasai kehidupannya.  Satu-satunya jalan untuk bisa terbebas dari ikatan belenggu dosa dan menjadi orang-orang yang  'merdeka'  adalah datang kepada Kristus dan percaya kepada-Nya.  Mengapa kita harus datang kepada Kristus?  Karena hanya Kristus saja yang sanggup membebaskan, melepaskan dan memerdekakan manusia dari segala belenggu dosa.  Karya Kristus di atas kalvari adalah bukti bahwa melalui pengorbanan-Nya segala kutuk dosa telah dipatahkan!  "Jadi apabila Anak itu memerdekakan kamu, kamupun benar-benar merdeka."  (Yohanes 8:36).

"...Kristus telah memerdekakan kita. Karena itu berdirilah teguh dan jangan mau lagi dikenakan kuk perhambaan."  Galatia 5:1

10 comments:

  1. Firman Tuhan kekuatan ku yang melepaskan ku dari belenggu dosa. Terima kasih atas motivasi iman melalui renungan harian air hidup ini. Tuhan Yesus memberkati program pelayanan Air Hidup di tahun 2020 nanti. Amin πŸ™πŸ˜‡

    ReplyDelete
  2. Amin ya Tuhan Engkaukah segalanya bagiku, haleluya

    ReplyDelete
  3. Puji Tuhan, Ia memerdekakan saya

    ReplyDelete
  4. Amin Puji Tuhan πŸ™ Terimakasih Tuhan Yesus πŸ™ πŸ™ πŸ™

    ReplyDelete