Thursday, August 8, 2019

MILIKI INDERA ROHANI YANG SEHAT (2)

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 8 Agustus 2019

Baca:  Amsal 4:1-27

"Hai anakku, dengarkanlah dan terimalah perkataanku, supaya tahun hidupmu menjadi banyak."  Amsal 4:10

Hal penting lain yang harus dijaga dan dipelihara adalah:  2.  Lidah atau bibir kita.  Karena itu  "Buanglah mulut serong dari padamu dan jauhkanlah bibir yang dolak-dalik dari padamu." (Amsal 4:24).  Lidah itu bagian dari anggota tubuh yang kecil, namun memiliki dampak yang sangat luar biasa bagi kehidupan manusia.  "Dan lihat saja kapal-kapal, walaupun amat besar dan digerakkan oleh angin keras, namun dapat dikendalikan oleh kemudi yang amat kecil menurut kehendak jurumudi. Demikian juga lidah, walaupun suatu anggota kecil dari tubuh, namun dapat memegahkan perkara-perkara yang besar."  (Yakobus 3:4-5a).  Dengan lidah kita bisa memberkati, menguatkan, membangun dan menghibur orang lain.  Akan tetapi, dengan lidah yang sama kita juga bisa menjadi batu sandungan bagi orang lain.  Dengan perkataan lidah kita, kita membangkitkan semangat orang lain, tapi juga dapat melemahkan dan membuat orang lain frustasi.

     3.  Pandangan mata.  "Biarlah matamu memandang terus ke depan dan tatapan matamu tetap ke muka."  (Amsal 4:25).  Banyak orang Kristen mengalami kegagalan dalam hidupnya, tak mengalami penggenapan janji-janji Tuhan, karena mereka tak bisa menjaga  'mata'nya dengan baik dan benar.  Mata mereka selalu tertuju kepada besarnya masalah dan situasi yang ada.  Semakin mata kita tertuju kepada masalah atau situasi, semakin kita menjadi lemah, karena hati kita akan diliputi oleh ketakutan, kekuatiran, kecemasan, dan ketidakpercayaan.  Bujang Elisa yaitu Gehazi, mengalami ketakutan yang luar biasa ketika melihat tentara dengan kuda dan kereta musuh mengepung kota Dotan.  "Celaka tuanku! Apakah yang akan kita perbuat?"  (2 Raja-Raja 6:15).  Keadaan akan berbeda bila kita senantiasa mengarahkan pandangan mata kita kepada Tuhan dan perbuatan-Nya yang dahsyat, maka segala ketakutan, kekuatiran dan kecemasan, sirna.

     Tidak sedikit orang Kristen yang tak dapat menjaga matanya dengan baik dan benar.  Mereka memfungsikan matanya untuk melihat hal-hal yang tidak baik atau bertentangan dengan firman Tuhan, melihat hal-hal yang membangkitkan keinginan daging atau hawa nafsu.  "Dan apabila keinginan itu telah dibuahi, ia melahirkan dosa; dan apabila dosa itu sudah matang, ia melahirkan maut."  (Yakobus 1:15).

10 comments:

  1. "Perbaharuhilah hati ini ya Tuhan shg dijauhi dari perbuatan yg mendatangkan dosa"...Amin

    ReplyDelete
  2. Ya BAPA jagalah hatiku,mataku dan juga lidahku supaya berkenan dan menjadi berkat buat orang lain Amin.

    ReplyDelete
  3. Ya BAPA jagalah hatiku,mataku dan juga lidahku supaya menjadi berkat buat orang lain Amin.

    ReplyDelete
  4. Semoga dapat menjaga hati, lidah/mulut, dan mata seturut kehendak Tuhan.amen. Roh Kudus kiranya memampukan kita selalu untuk dapat melakukan Firman- Nya.

    ReplyDelete
  5. Selalu jaga hati, lidah, dan mata agar seperti yg Tuhan Mau, makasih renungan yg memberkati. TYM.

    ReplyDelete
  6. Tuhan mampukan aku untuk menguasai diriku.

    ReplyDelete
  7. Biarlah FirmanMu menjadi kekuatan untukku dan aku lebih mendekatkan diri lg pada Tuhan .. hidupku selalu dibaharui oleh FirmanMu ya Bapa. Amin

    ReplyDelete