Saturday, August 17, 2019

INDONESIA BAGI KEMULIAAN TUHAN!

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 17 Agustus 2019

Baca:  Yesaya 42:10-17

"Nyanyikanlah nyanyian baru bagi TUHAN dan pujilah Dia dari ujung bumi! Baiklah laut bergemuruh serta segala isinya dan pulau-pulau dengan segala penduduknya."  Yesaya 42:10

Sebagai orang percaya kita patut berbangga karena Tuhan menempatkan kita menjadi bagian dari suatu bangsa yang besar yaitu bangsa Indonesia.  Di mata internasional Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan, karena memiliki pulau yang terbanyak di dunia:  lebih dari 17.000 pulau.  Selain itu penduduk Indonesia terdiri dari berbagai suku  (1.340 suku), dengan 671 bahasa daerah yang tersebar di 34 propinsi.  Luar biasa!

     Patutlah kita menaikkan pujian dan nyanyian bagi Tuhan sebagai ungkapan syukur karena telah diberi anugerah yang teramat besar atas bangsa Indonesia, yaitu kemerdekaan.  Hari ini seluruh masyarakat Indonesia, mulai dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai pulau Rote, maupun yang tinggal di negara lain, sedang bersuka cita merayakan hari kemerdekaan RI yang ke-74.  Pekik Merdeka berkumandang di seluruh negeri!  "Nyanyikanlah nyanyian baru bagi TUHAN dan pujilah Dia...Baiklah laut bergemuruh serta segala isinya dan pulau-pulau dengan segala penduduknya. Baiklah padang gurun menyaringkan suara dengan kota-kotanya dan dengan desa-desa yang didiami Kedar! Baiklah bersorak-sorai penduduk Bukit Batu, baiklah mereka berseru-seru dari puncak gunung-gunung! Baiklah mereka memberi penghormatan kepada TUHAN, dan memberitakan pujian yang kepada-Nya di pulau-pulau."  (Yesaya 42:10-12).  Siapa bani Kedar?  Bani Kedar merupakan keturunan dari Ismael  (Kejadian 25:12-15)  yang adalah penduduk terbesar yang mendiami wilayah Indonesia.

     Sebagai umat pilihan Tuhan kita harus selalu berdoa bagi Indonesia supaya dimenangkan bagi kemuliaan-Nya.  Biarlah nama Tuhan saja yang ditegakkan, ditinggikan dan dimashyurkan di bumi Indonesia ini!  Jika Tuhan ada di tengah-tengah bangsa ini, pemulihan pasti terjadi atas Indonesia.  Ingat!  Kemerdekaan takkan bisa diraih tanpa campur tangan Tuhan dan juga rakyat yang bersatu berkorban bagi bangsa ini.  Maka dari itu, NKRI adalah harga mati.

Dengan semangat kemerdekaan marilah kita bersatu membangun bangsa Indonesia!

7 comments: