Thursday, July 11, 2019

TUHAN MENGINGAT DAN MENJAWAB DOA

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 11 Juli 2019

Baca:  Mazmur 66:1-20

"Sesungguhnya, Allah telah mendengar, Ia telah memperhatikan doa yang kuucapkan. Terpujilah Allah, yang tidak menolak doaku dan tidak menjauhkan kasih setia-Nya dari padaku."  Mazmur 66:19-20

Banyak orang Kristen begitu antusias ketika diminta untuk terlibat dalam pelayanan di gereja, entah itu sebagai usher, singer, worship leader, dan lain-lain pelayanan.  Mengapa?  Karena pelayanan tersebut berhadapan langsung dengan jemaat, alias bisa dilihat oleh banyak orang.  Tapi bila diminta untuk ambil bagian dalam pelayanan sebagai pendoa?  Respons jemaat tampak berbeda, yaitu kurang antusias.  Mengapa?  Karena pelayanan sebagai tim doa itu selain tidak dikenal oleh banyak orang, tempatnya pun di ruang yang tertutup.  Itulah sebabnya sedikit orang mau terlibat dalam pelayanan doa.  Sekilas aktivitas doa seperti tidak menghasilkan apa-apa... sudah berkorban waktu untuk berdoa, tiada hasil yang didapat.  Benarkah demikian?  Itulah mengapa sedikit orang mau bertekun di dalam doa.  Mereka enggan menyediakan waktunya untuk bertemu dengan Tuhan di dalam doa.

     Kornelius, seorang perwira Romawi yang membawahi seratus orang prajurit, sekalipun punya segudang kesibukan, tidak ada alasan bagainya untuk tidak berdoa.  Alkitab mencatat bahwa ia senantiasa berdoa kepada Tuhan  (Kisah 10:2).  Kata senantiasa berbicara tentang sesuatu yang dilakukan secara rutin dan penuh ketekunan.  Sekalipun Kornelius adalah orang non Yahudi, tapi ia memiliki kerinduan yang besar untuk mencari dan menyembah Tuhannya bangsa Israel.  Dalam tradisi, orang-orang Yahudi memiliki kebiasaan berdoa tiga kali dalam sehari yaitu jam 9 pagi, jam 12 siang, dan jam 15  (3 petang).  Jika Alkitab menyatakan bahwa Kornelius senantiasa berdoa, itu artinya Kornelius tekun berdoa pada jam-jam tersebut.

     Tidak ada doa yang sia-sia asal dilakukan dengan kesungguhan hati.  "Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya."  (Yakobus 5:16b).  Doa orang benar pasti menjangkau hadirat Tuhan.  Selain tekun berdoa, Kornelius juga orang yang saleh dan takut akan Tuhan, karena itu doa-doanya naik ke hadirat Tuhan, menyentuh hati-Nya, dan menggerakkan tangan-Nya untuk bekerja  (Kisah 10:30-31).

Kita memang tidak mengetahui cara Tuhan menjawab doa-doa kita, namun yang pasti, Ia mengingat segala apa yang pernah kita mohonkan kepada-Nya.

13 comments:

  1. Terima kasih Tuhan Yesus atas Kasih & berkat yg diberikan tiap2 saat bagi kami...amin.

    ReplyDelete
  2. Halleluya,amin. Terima kasih atas renungannya. Tuhan memberkati

    ReplyDelete
  3. Ampuni kami yg berdosa ini ya Tuhan ku..

    ReplyDelete
  4. Doa yg sarat dg permohonan/berat,penuh beban..,tdk berlalu sia2..pasti Tuhan mendengar dan menjawab tepat pd waktuNya.Amin.

    ReplyDelete
  5. Terimakasih atas sharing firman yang telah menegur untuk tetap Setia dalam Doa..

    ReplyDelete
  6. Ampuni kami yg sering melupakan waktu² utk bersekutu dengan Mu ya Tuhan,lewat firman ini Kau telah tegur kami,,trimakasih atas firman Mu

    ReplyDelete