Wednesday, May 29, 2019

TETAPLAH TENANG, TUHAN PASTI MELUPUTKAN

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 29 Mei 2019

Baca:  1 Petrus 4:7-11

"Kesudahan segala sesuatu sudah dekat. Karena itu kuasailah dirimu dan jadilah tenang, supaya kamu dapat berdoa."  1 Petrus 4:7

Ngeri!  Itulah kesan pertama bila kita memerhatikan keadaan dunia saat ini, yang semakin hari semakin dipenuhi dengan goncangan.  Hal ini membuat banyak orang menjadi panik, takut, stres, frustasi, dan tidak lagi bisa tenang.  Rasul Petrus menegaskan bahwa kesudahan segala sesuatu sudah dekat dan menjelang kesudahan alam ini akan banyak peristiwa atau kejadian atau hal-hal yang tak menyenangkan terjadi.

     Sekalipun dunia dipenuhi dengan goncangan, orang percaya tak perlu punya respons seperti orang-orang dunia, asal kita sungguh-sungguh melekat kepada Tuhan, maka kita pasti akan terluput dari segala bahaya,  "...karena kita menerima kerajaan yang tidak tergoncangkan,"  (Ibrani 12:28).  Di masa-masa akhir seperti sekarang ini kita semakin dituntut untuk lebih lagi mengutamakan perkara-perkara rohani dan beribadah kepada Tuhan lebih dari hari-hari yang sebelumnya, sebab  "Sudah dekat hari TUHAN yang hebat itu, sudah dekat dan datang dengan cepat sekali! Dengar, hari TUHAN pahit, pahlawanpun akan menangis. Hari kegemasan hari itu, hari kesusahan dan kesulitan, hari kemusnahan dan pemusnahan, hari kegelapan dan kesuraman, hari berawan dan kelam, hari peniupan sangkakala dan pekik tempur terhadap kota-kota yang berkubu dan terhadap menara penjuru yang tinggi. Aku akan menyusahkan manusia, sehingga mereka berjalan seperti orang buta, sebab mereka telah berdosa kepada TUHAN. Darah mereka akan tercurah seperti debu dan usus mereka seperti tahi. Mereka tidak dapat diselamatkan oleh perak atau emas mereka pada hari kegemasan TUHAN, dan seluruh bumi akan dimakan habis oleh api cemburu-Nya; sebab kebinasaan, malah kebinasaan dahsyat diadakan-Nya terhadap segenap penduduk bumi."  (Zefanya 1:14-18).

     Bukankah kita sudah melihat bahwa firman Tuhan mulai digenapi?  Sebagai anak-anak Tuhan kita tak perlu takut dan cemas, sebab firman Tuhan jelas berkata,  "...Aku akan menyusahkan manusia...sebab mereka telah berdosa kepada TUHAN..."  (Zefanya 1:17).  Bagi umat Tuhan yang setia dan taat kepada-Nya akan tetap terjaga seperti biji mata Tuhan sendiri.  Tetaplah tenang dalam situasi supaya kita dapat berdoa!

Ada jaminan perlindungan Tuhan bagi orang benar!  Karena itu tetaplah tenang.

12 comments: