Monday, January 14, 2019

MENGALAMI SORGA: Jadi Seperti Anak Kecil (2)

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 14 Januari 2019

Baca:  Lukas 18:15-17

"Sesungguhnya barangsiapa tidak menyambut Kerajaan Allah seperti seorang anak kecil, ia tidak akan masuk ke dalamnya."  Lukas 18:17

Pelajaran berharga lain yang dapat kita teladani dari anak kecil adalah:  2.  Mudah diajar.  Anak kecil mudah sekali diajar.  Apa pun yang diajarkan akan mudah sekali terserap dan tersimpan di dalam memori otaknya.  Milikilah hati yang mau diajar!  Ada banyak orang Kristen tak mengalami pertumbuhan rohani karena mereka sulit sekali diajar, apalagi ditegur atau dinasihati, mudah sekali marah dan tersinggung.  "berilah orang bijak nasihat, maka ia akan menjadi lebih bijak, ajarilah orang benar, maka pengetahuannya akan bertambah."  (Amsal 9:9).  Kita harus mempertajam pendengaran kita terhadap ajaran firman Tuhan dan memiliki roh yang mudah diajar agar kita bisa menikmati Kerajaan Sorga di bumi ini.

     3.  Percaya penuh kepada orangtua.  Seorang anak kecil sangat bergantung penuh kepada orangtuanya.  Ia tidak pernah merasa takut dan kuatir tentang apa pun karena ia sangat percaya bahwa bapanya pasti melindungi dan menyediakan apa yang ia perlukan.  Karena itu  "Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu. Janganlah engkau menganggap dirimu sendiri bijak, takutlah akan TUHAN dan jauhilah kejahatan;"  (Amsal 3:5-7).  Seorang yang memiliki kepercayaan penuh kepada Tuhan pasti akan mengalami Kerajaan Sorga di bumi, karena ia tahu bahwa ia punya Bapa yang baik, yang adalah Sang empunya segala-galanya.

     4.  Mudah memaafkan.  Tak mudah orang dewasa memaafkan kesalahan orang lain, biasanya kita cenderung mendendam, sakit hati dan sulit mengampuni.  Berbeda dengan seorang anak kecil!  Meskipun baru bertengkar dengan teman, secepat itu pula mereka akur kembali dan saling memaafkan.  Alkitab menyatakan bahwa orang yang tidak memiliki kasih adalah orang yang belum pindah dari maut:  "Kita tahu, bahwa kita sudah berpindah dari dalam maut ke dalam hidup, yaitu karena kita mengasihi saudara kita. Barangsiapa tidak mengasihi, ia tetap di dalam maut."  (1 Yohanes 3:14).

Punya kerendahan hati, mau diajar, percaya penuh kepada Tuhan dan punya kasih adalah kunci untuk mengalami Kerajaan Sorga di bumi!

15 comments: