Friday, December 7, 2018

TUHAN... MENGAPA ENGKAU MENJAUH? (2)

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 7 Desember 2018

Baca:  Mazmur 22:1-32

"Tetapi Engkau, TUHAN, janganlah jauh; ya kekuatanku, segeralah menolong aku!"  Mazmur 22:20

Ketika melihat orang lain atau saudara seiman sedang tertimpa masalah, sering kita langsung menghakimi, menyalahkan dan menganggap mereka telah melakukan dosa, sehingga doanya tidak dijawab.  Tak selamanya doa yang tidak dijawab itu akibat dosa.  Terkadang Tuhan mengijinkan hal itu terjadi untuk menguji kualitas iman kita, menguji ketekunan, kesetiaan dan kesabaran kita menanti-nantikan Tuhan bertindak, atau mungkin Tuhan sedang mempersiapkan berkat yang besar untuk kita, walaupun memang faktor terbesar yang menghalangi orang mendapatkan jawaban doa adalah dosa.  "Sesungguhnya, tangan TUHAN tidak kurang panjang untuk menyelamatkan, dan pendengaran-Nya tidak kurang tajam untuk mendengar; tetapi yang merupakan pemisah antara kamu dan Allahmu ialah segala kejahatanmu, dan yang membuat Dia menyembunyikan diri terhadap kamu, sehingga Ia tidak mendengar, ialah segala dosamu."  (Yesaya 59:1-2).

     Meski mujizat yang kita harapkan belum terjadi dan doa-doa kita belum terjawab, jangan pernah meninggalkan Tuhan.  Tetaplah setia dan percaya kepada-Nya.  "Janganlah kiranya kasih dan setia meninggalkan engkau! Kalungkanlah itu pada lehermu, tuliskanlah itu pada loh hatimu, maka engkau akan mendapat kasih dan penghargaan dalam pandangan Allah serta manusia. Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu."  (Amsal 3:3-6).

     Pemazmur memberikan kunci agar kita tetap sabar pada situasi sulit, yaitu mengingat kembali kebaikan Tuhan di dalam hidup ini.  Ini akan membangkitkan iman kita, sebab Dia tidak pernah berubah.  "Aku hendak mengingat perbuatan-perbuatan TUHAN, ya, aku hendak mengingat keajaiban-keajaiban-Mu dari zaman purbakala. Aku hendak menyebut-nyebut segala pekerjaan-Mu, dan merenungkan perbuatan-perbuatan-Mu. Engkaulah Allah yang melakukan keajaiban; Engkau telah menyatakan kuasa-Mu di antara bangsa-bangsa."  (Mazmur 77:12-13, 14).

Pertolongan Tuhan itu selalu tepat pada waktu-Nya!  Walau Dia sepertinya jauh, jangan pernah kita menjauh dari-Nya.

8 comments:

  1. Amin..semoga lebih menguatkan iman kamiAmin.....setiap hari selalu pas dengan kehidupan yang sedang saya alami,,semoga lebih menguatkan iman saya

    ReplyDelete
  2. Firman-Nya yg luar biasa bagi ku, pas dengan pergumulan hidup ini. Kiranya Tuhan memampukan memberi kekuatan dan jalan yang terbaik bagiku. AMIN...

    ReplyDelete
  3. Terimakasih YESUS utk KASIH setia MU. Di dlm hidupku

    ReplyDelete