Monday, November 26, 2018

MENYELESAIKAN MISI BAPA

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 26 November 2018

Baca:  Yohanes 19:28-30

"Sesudah Yesus meminum anggur asam itu, berkatalah Ia: "Sudah selesai." Lalu Ia menundukkan kepala-Nya dan menyerahkan nyawa-Nya."  Yohanes 19:30

Pernyataan Kristus di atas kayu salib  'Sudah selesai'  ini, apa maknanya?  Apakah yang Kristus selesaikan di seluruh hidup-Nya?  Kristus telah menyelesaikan misi yang Bapa amanatkan kepada-Nya.  Apa misi Kristus datang ke dunia?  Ada tertulis:  "...Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang."  (Matius 20:28).

     Hari-hari Kristus yang singkat saat berada di bumi dipenuhi dengan pelayanan:  melayani jiwa-jiwa, melakukan banyak mujizat, mengajar dan memberitakan Injil dan Kerajaan Sorga.  Puncaknya, Ia taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib untuk menebus dosa umat manusia.  Kristus menyelesaikan tugas-Nya sebagai Juruselamat manusia dan menjadi teladan bagi orang percaya melalui ketaatan, kasih, kerendahan hati, dan kuasa-Nya.  Setelah menyelesaikan semuanya berkatalah Kristus kepada Bapa:  "Aku telah mempermuliakan Engkau di bumi dengan jalan menyelesaikan pekerjaan yang Engkau berikan kepada-Ku untuk melakukannya."  (Yohanes 17:4).

     Selanjutnya, apa yang menjadi pesan Kristus kepada semua orang percaya?  "Sama seperti Bapa mengutus Aku, demikian juga sekarang Aku mengutus kamu."  (Yohanes 20:21).  Kristus mengutus kita untuk melanjutkan misi-Nya yaitu mengerjakan Amanat Agung:  "Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."  (Matius 28:19-20).  Sudahkah kita melakukan apa yang Tuhan perintahkan ini?  Selama kita masih memiliki waktu hidup di dunia ini mari kita gunakan waktu kita sebaik mungkin untuk melayani Tuhan menggenapi rencana-Nya.  Inilah yang menjadi komitmen rasul Paulus:  "...aku tidak menghiraukan nyawaku sedikitpun, asal saja aku dapat mencapai garis akhir dan menyelesaikan pelayanan yang ditugaskan oleh Tuhan Yesus kepadaku..."  (Kisah 20:24).

Kristus rela mengorbankan nyawa-Nya untuk keselamatan kita dengan tujuan agar kita meneruskan misi Kristus dalam memenangkan jiwa bagi kerajaan-Nya.

10 comments:

  1. Trims sudah di ingatkn melalui renungan ini..

    ReplyDelete
  2. Amin.... Terima kasih renungan ini memberi kemampuan utk sungguh2 melayani.

    ReplyDelete
  3. Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman." (Matius 28:19-20).

    ReplyDelete
  4. Syukur kita yang paling utama adalah bahwa Tuhan Yesus telah menyelesaikan misi Bapa.

    ReplyDelete