Friday, November 9, 2018

JANGAN MERENDAHKAN YANG MUDA

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 9 November 2018

Baca:  1 Timotius 4:12-16

"Jangan seorangpun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu."  1 Timotius 4:12

Rasul Paulus adalah seorang pemimpin senior yang sangat mengapresiasi orang-orang muda.  Sikap itu terlihat dari nasihatnya kepada Timotius yang pada waktu itu masih berusia muda  (ayat nas).  Dalam  Alkitab versi Holy Bible Easy-to-Read"You are young, but don't let any person think you are not important."  Jangan sampai orang lain menganggap ia  (Timotius)  tidak penting hanya karena ia masih berusia muda.  Sesungguhnya kualitas hidup orang percaya itu bukan didasarkan pada seberapa lama ia mengikut Tuhan, berapa usianya, atau seberapa aktif ia terlibat dalam kegiatan-kegiatan di gereja,  "Sebab sekalipun kamu, ditinjau dari sudut waktu, sudah seharusnya menjadi pengajar, kamu masih perlu lagi diajarkan asas-asas pokok dari penyataan Allah, dan kamu masih memerlukan susu, bukan makanan keras."  (Ibrani 5:12).

     Rasul Paulus menghendaki supaya Timotius menunjukkan keteladanan hidup.  "Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu."  (ayat nas).  Itulah cara agar orang muda tidak dipandang remeh, disepelekan atau direndahkan.  Prinsip keteladanan hidup ini berlaku untuk semua orang percaya, tidak terbatas pada kalangan muda saja, terlebih-lebih bagi kita yang sudah terlibat dalam pelayanan.  Kemudian karena telah menunjukkan kualitas kerohanian yang baik, rasul Paulus berkesempatan mempromosikan Timotius kepada jemaat di Korintus, sebab sekalipun di antara mereka  (jemaat Korintus)  ada banyak pelayan Tuhan, sedikit saja yang bisa menjadi teladan.  "...itulah sebabnya aku mengirimkan kepadamu Timotius, yang adalah anakku yang kekasih dan yang setia dalam Tuhan."  (1 Korintus 4:17).

     Bukankah sering dijumpai pemimpin-pemimpin senior yang kurang memberi kesempatan atau membatasi ruang gerak orang-orang muda untuk memaksimalkan potensi dan karunia yang dimiliki.  Mereka berdalih bahwa orang muda dianggap kurang berpengalaman atau masih  'hijau', takut tersaingi dan lain-lain.

Teladan hidup adalah faktor utama yang menunjang kemajuan pekerjaan Tuhan!

4 comments:

  1. Terima kasih untuk renungan yang luar biasa. Tetap kerjakan untuk hormat dan kemuliaan bagi nama Tuhan Yesus.renungan ini sangat memberkati saya. Gbu

    ReplyDelete
  2. Terimakasih
    Renungan harian ini sangatlah penting..

    Dan menurut penjelasan di atas tentang kalangan mudah
    Itu harus dijaga kehormatanny..
    Dan banyak orang yang politik tidak percaya bahwa seorang anak mudah yang bisa merubah bangsa dan negara..
    Terimakasih...

    ReplyDelete