Thursday, October 25, 2018

GOSYEN: Tuhan Membuat Perbedaan

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 25 Oktober 2018

Baca:  Keluaran 8:20-32

"Sebab Aku akan mengadakan perbedaan antara umat-Ku dan bangsamu. Besok tanda mujizat ini akan terjadi."  Keluaran 8:23

Hidup terpisah dari orang-orang Mesir  (dunia)  justru mendatangkan berkat tersendiri bagi orang-orang Israel.  Yakub dan anak-anaknya yang tinggal di Gosyen terpelihara hidupnya, terluput dari bencana kelaparan dan kekeringan.  Begitu pula ketika Tuhan menghukum orang-orang Mesir dengan mendatangkan tulah, tempat di mana orang-orang Israel tinggal tetap berada di dalam perlindungan Tuhan.  Itulah Gosyen, tempat yang dibedakan Tuhan untuk umat pilihan-Nya, di sanalah orang-orang Israel mendapatkan perlakuan khusus  (pengecualian)  dari Tuhan.

     Tertulis:  "Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: 'Bangunlah pagi-pagi dan berdirilah menantikan Firaun, pada waktu biasanya ia keluar ke sungai, dan katakanlah kepadanya: Beginilah firman TUHAN: Biarkanlah umat-Ku pergi, supaya mereka beribadah kepada-Ku; sebab jika engkau tidak membiarkan umat-Ku itu pergi, maka Aku akan melepaskan pikat (lalat pikat - Red.) terhadap engkau, terhadap pegawai-pegawaimu, rakyatmu dan rumah-rumahmu, sehingga rumah-rumah orang Mesir, bahkan tanah, di mana mereka berdiri akan penuh dengan pikat. Tetapi pada hari itu Aku akan mengecualikan tanah Gosyen, di mana umat-Ku tinggal, sehingga di sana tidak ada terdapat pikat, supaya engkau mengetahui, bahwa Aku, TUHAN, ada di negeri ini.'"  (Keluaran 8:20-22).  Begitu pula ketika terjadi tulah hujan es:  "Dan turunlah hujan es, beserta api yang berkilat-kilat di tengah-tengah hujan es itu, terlalu dahsyat, seperti yang belum pernah terjadi di seluruh negeri orang Mesir, sejak mereka menjadi suatu bangsa. Hujan es itu menimpa binasa segala sesuatu yang ada di padang, di seluruh tanah Mesir, dari manusia sampai binatang; juga segala tumbuh-tumbuhan di padang ditimpa binasa oleh hujan itu dan segala pohon di padang ditumbangkannya. Hanya di tanah Gosyen, tempat kediaman orang Israel, tidak ada turun hujan es."  (Keluaran 9:24-26).

     Rindu mendapatkan perlakuan yang istimewa dan berbeda dari Tuhan?  Milikilah cara hidup yang berbeda dan  'terpisah'  dari dunia.

Tuhan pasti akan membuat perbedaan terhadap orang yang sungguh-sungguh beribadah kepada Tuhan dan hidup benar di hadapan-Nya!  Maleakhi 3:18

6 comments:

  1. Hanya satu yang aq pinta dekat disisi mu Tuhan karena bersama-Mu aq menang..Amin

    ReplyDelete
  2. Hanya satu yang aq pinta diam di runah-Mu karena bersama-Mu aq selalu menang

    ReplyDelete
  3. Bagaimana dengan tulah2 sebelum nya, apakah Allah juga membuat perbedaan?

    ReplyDelete
  4. Amen..
    Terimkasih Tuhan Yesus aku rindu mengenal Enkau lebi dalam lagi.
    Urapi aku sellu dng RohMu.❤

    ReplyDelete