Wednesday, September 19, 2018

SEGERALAH BERTINDAK, JANGAN DIAM SAJA

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 19 September 2018

Baca:  Keluaran 14:15-31

"Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: 'Mengapakah engkau berseru-seru demikian kepada-Ku? Katakanlah kepada orang Israel, supaya mereka berangkat.'"  Keluaran 14:15

Sekalipun Musa telah memperingatkan orang-orang Israel untuk tidak takut meski dikejar pasukan Firaun, dan ia tahu benar bahwa keselamatan dari Tuhan sudah disediakan, dan kemenangan ada di pihak mereka  (Keluaran 14:13), tapi jika ia sendiri tak mau bertindak dan bergerak maju, maka kemenangan itu hanya akan menjadi sebuah wacana saja.  Karena itu Tuhan berfirman kepadanya:  "Mengapakah engkau berseru-seru demikian kepada-Ku?"  (ayat nas).  Tuhan menghendaki musa dan orang-orang Israel segera berangkat.  Inilah yang disebut tindakan iman!  "Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati."  (Yakobus 2:17).

     Semula Musa lupa punya tongkat yang dapat membuat tanda-tanda mujizat, seperti kata Tuhan  "Dan bawalah tongkat ini di tanganmu, yang harus kaupakai untuk membuat tanda-tanda mujizat."  (Keluaran 4:17).  Barulah Musa menyadari kuasa Tuhan menyertainya.  "Dan engkau, angkatlah tongkatmu dan ulurkanlah tanganmu ke atas laut dan belahlah airnya, sehingga orang Israel akan berjalan dari tengah-tengah laut di tempat kering."  (Keluaran 14:16).

     Menghadapi masalah dan tantangan hidup berat kita seringkali takut.  Kita kalah sebelum bertindak.  Kita lupa Tuhan telah memperlengkapi kita dengan tongkat  (kuasa)  untuk mengalahkan musuh.  Tuhan berkata,  " Sesungguhnya Aku telah memberikan kuasa kepada kamu untuk menginjak ular dan kalajengking dan kuasa untuk menahan kekuatan musuh, sehingga tidak ada yang akan membahayakan kamu."  (Lukas 10:19).  Kita lupa menggunakan kuasa kebangkitan Kristus yang telah mengalahkan dan mematahkan segala kutuk dosa, dan di dalam kita ada kuasa Roh Kudus yaitu Roh  "...lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia."  (1 Yohanes 4:4b).  Ketika Musa bertindak dengan iman dan menggunakan  'tongkat'  itu, perkara besar pun terjadi.

"Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu."  Yohanes 14:12

6 comments:

  1. Saya selalu dibekali dengan Firman Tuhan. Hanya karena kemurahan Nya sampai saat ini, masalah dan tantangan hidup boleh dilalui karena Tuhan selalu menyertai. Tuhan Memberkati Kita Semua.

    ReplyDelete
  2. Amin.... Bersama Roh Kudus, aku kuat menghadapi tantangan hidup ini....

    ReplyDelete
  3. Dengan iman kita bisa menghadapi setiap masalah dlm hidup, hanya kita tetap harus percaya

    ReplyDelete
  4. Puji Tuhan untuk firmanNya yang menguatkan.

    ReplyDelete
  5. Puji Tuhan untuk firmanNya yang menguatkan.

    ReplyDelete