Monday, August 27, 2018

MUJIZAT TUHAN DILUPAKAN BEGITU SAJA

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 27 Agustus 2018

Baca:  Keluaran 15:22-27

"Lalu bersungut-sungutlah bangsa itu kepada Musa, kata mereka: 'Apakah yang akan kami minum?'"  Keluaran 15:24

Bangsa Israel adalah bangsa pilihan Tuhan!  Karena itu mereka dikasihi Tuhan sedemikian rupa.  Ketika umat Israel mengalami penindasan di Mesir, Tuhan tidak tinggal diam.  "Aku telah memperhatikan dengan sungguh kesengsaraan umat-Ku di tanah Mesir, dan Aku telah mendengar seruan mereka yang disebabkan oleh pengerah-pengerah mereka, ya, Aku mengetahui penderitaan mereka."  (Keluaran 3:7).  Tuhan pun mengutus Musa untuk memimpin umat Israel keluar dari perbudakan di Mesir.

     Ketika mereka menyeberang Laut Teberau meninggalkan Mesir, Tuhan telah membuat mujizat besar, air laut terbelah dua, sehingga umat Israel dapat berjalan di atas tanah kering.  Tanpa perahu, tanpa kendaraan apa pun, mereka telah diseberangkan Tuhan dengan selamat, dengan cara-Nya yang ajaib.  Sebaliknya, Firaun dan segenap pasukannya yang mengejar, mati tenggelam di laut.  Karena mujizat besar ini Musa dan segenap bangsa Israel pun memuliakan Tuhan:  "Engkau meniup dengan taufan-Mu, lautpun menutupi mereka; sebagai timah mereka tenggelam dalam air yang hebat. Siapakah yang seperti Engkau, di antara para allah, ya TUHAN; siapakah seperti Engkau, mulia karena kekudusan-Mu, menakutkan karena perbuatan-Mu yang masyhur, Engkau pembuat keajaiban?"  (Keluaran 15:10-11).  Lalu, dalam perjalanan menuju padang gurun Syur, mereka tak mendapatkan air selama tiga hari.  Ketika sampai di mara mereka mendapatkan air, tapi airnya pahit tak dapat diminum.  Reaksi mereka?  "Lalu bersungut-sungutlah bangsa itu kepada Musa, kata mereka: 'Apakah yang akan kami minum?'"  (Keluaran 15:24), padahal baru saja mereka memuji-muji kebesaran Tuhan dan keajaiban-Nya dengan berkata,  "Engkau pembuat keajaiban", tapi menghadapi persoalan kecil, yaitu air pahit, secepat kilat mereka langsung bersungut-sungut kepada Tuhan.  Mereka lupa begitu saja akan mujizat dan perbuatan Tuhan yang ajaib.

     Dalam perjalanan hidup ini kita sering berlaku seperti umat Israel.  Terbentur masalah sedikit kita langsung lupa akan kebaikan Tuhan dan kebesaran kuasa-Nya.

Ingat!  Tuhan kita adalah Tuhan yang hebat perbuatan-Nya, tidak ada masalah yang tak terselesaikan di tangan-Nya!

7 comments:

  1. Amin. Trima kasih Tuhan Yesus Engkau Allah yg hidup.. πŸ™‡πŸ™‡πŸ™‡

    ReplyDelete
  2. Makasih renungan ini sangatlah memotivasi dan bahkan terlebih menjadi berkat. Godblessyou

    ReplyDelete
  3. Ampuni kami Tuhan. Buang dosa kami sejauh timur dari barat. Amin.

    ReplyDelete
  4. Amen.. inilah yang sering terjadi pada saya dlm kehidupan sehari-hari mmpukan aku Tuhan selalu bersyukur,tq untuk renungan firmanNya,mangunsong

    ReplyDelete