Saturday, August 25, 2018

HARUS ADA PEMISAHAN

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 25 Agustus 2018

Baca:  Keluaran 12:29-42

"...mereka diusir dari Mesir dan tidak dapat berlambat-lambat, dan mereka tidak pula menyediakan bekal baginya."  Keluaran 12:39b

Semua orang yang diselamatkan oleh kasih anugerah Tuhan ditebus melalui darah.  Seperti bangsa Israel yang telah ditebus dan dibebaskan oleh darah,  "Dan darah itu menjadi tanda bagimu pada rumah-rumah di mana kamu tinggal: Apabila Aku melihat darah itu, maka Aku akan lewat dari pada kamu. Jadi tidak akan ada tulah kemusnahan di tengah-tengah kamu, apabila Aku menghukum tanah Mesir.  (Keluaran 12:13).  Mereka harus mengambil tindakan tegas untuk segera meninggalkan Mesir.  Darah yang menyelamatkan mereka itu tidak hanya memisahkan yang hidup dari yang mati, tetapi darah tersebut juga memisahkan anak-anak Tuhan dari belenggu kuasa dunia.

     Akibat dari penebusan terjadilah pemisahan seperti bangsa Israel, yaitu setelah luput dari maut yang mematikan setiap anak sulung di tanah Mesir mereka harus bergegas keluar meninggalkan Mesir sesuai dengan yang diperintah Tuhan.  Begitu pula umat tebusan Tuhan, yang telah ditebus oleh darah Kristus, harus memisahkan diri dari dunia.  Sejak itu kita bukan milik dunia lagi, itulah sebabnya dunia akan membenci kita.  Tuhan berkata,  "Jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu. Sekiranya kamu dari dunia, tentulah dunia mengasihi kamu sebagai miliknya. Tetapi karena kamu bukan dari dunia, melainkan Aku telah memilih kamu dari dunia, sebab itulah dunia membenci kamu."  (Yohanes 15:18-19).  Inilah harga yang harus dibayar oleh setiap orang percaya!  Kita harus memisahkan diri dari dunia ini dan tidak lagi menjalin persahabatan dengannya.

     Rasul Paulus menegaskan bahwa  "...kamu adalah milik Kristus dan Kristus..."  (1 Korintus 3:23),  "Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar:"  (1 Korintus 6:20).  Oleh karena itu setiap orang yang sudah diselamatkan melalui pengorbanan darah Kristus harus bersikap tegas untuk meninggalkan  'Mesir'  yang adalah lambang kehidupan duniawi.  Kita tidak boleh mengikatkan hati pada dunia ini!

"Sebab itu: Keluarlah kamu dari antara mereka, dan pisahkanlah dirimu dari mereka, firman Tuhan, dan janganlah menjamah apa yang najis, maka Aku akan menerima kamu."  2 Korintus 6:17

4 comments: