Tuesday, April 10, 2018

TUHAN MENGASIHI KITA SEDEMIKIAN

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 10 April 2018

Baca:  Yehezkiel 34:1-31

"Yang hilang akan Kucari, yang tersesat akan Kubawa pulang, yang luka akan Kubalut, yang sakit akan Kukuatkan, serta yang gemuk dan yang kuat akan Kulindungi; Aku akan menggembalakan mereka sebagaimana seharusnya."  Yehezkiel 34:16

Firman ini adalah janji Tuhan kepada umat Israel yang adalah umat kesayangan-Nya.  Tuhan menggambarkan diri-Nya sebagai Gembala dan umat Israel sebagai kawanan domba.  Ini juga merupakan nubuatan dari nabi Yehezkiel tentang Kristus yang adalah Gembala yang baik, jauh sebelum Ia dilahirkan.

     Dinyatakan bahwa apabila Gembala yang baik itu datang, Ia akan memelihara kawanan domba-Nya dengan lemah lembut dan penuh kasih,  "Dengan sesungguhnya Aku sendiri akan memperhatikan domba-domba-Ku dan akan mencarinya. Seperti seorang gembala mencari dombanya pada waktu domba itu tercerai dari kawanan dombanya, begitulah Aku akan mencari domba-domba-Ku dan Aku akan menyelamatkan mereka dari segala tempat, ke mana mereka diserahkan pada hari berkabut dan hari kegelapan. Di padang rumput yang baik akan Kugembalakan mereka dan di atas gunung-gunung Israel yang tinggi di situlah tempat penggembalaannya; di sana di tempat penggembalaan yang baik mereka akan berbaring dan rumput yang subur menjadi makanannya di atas gunung-gunung Israel."  (ayat 11, 12, 14).  Kawanan domba tercerai-berai oleh karena kesalahan mereka sendiri, akibat dari pemberontakan dan ketidaktaatannya.  Tetapi Tuhan berkata,  "Yang hilang akan Kucari, yang tersesat akan Kubawa pulang,"  (ayat nas).

     Kristus berkata,  "Akulah gembala yang baik. Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya;"  (Yohanes 10:11).  Hal itu dibuktikan melalui pengorbanan-Nya di kayu salib.  Gembala yang baik selalu mencari domba yang hilang dan tersesat:  "Jika seorang mempunyai seratus ekor domba, dan seekor di antaranya sesat, tidakkah ia akan meninggalkan yang sembilan puluh sembilan ekor di pegunungan dan pergi mencari yang sesat itu? Dan Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya jika ia berhasil menemukannya, lebih besar kegembiraannya atas yang seekor itu dari pada atas yang kesembilan puluh sembilan ekor yang tidak sesat. Demikian juga Bapamu yang di sorga tidak menghendaki supaya seorangpun dari anak-anak ini hilang."  (Matius 18:12-14).

Tiada kasih yang terbesar selain kasih Kristus yang adalah Gembala yang baik!

3 comments: