Tuesday, November 28, 2017

MASA DEPAN DI DALAM KEKEKALAN (2)

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 28 November 2017

Baca:  Matius 6:19-20

"Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya."  Matius 6:20

Panggilan Tuhan bagi orang percaya adalah hidup tak bercacat cela dan memiliki kualitas hidup yang berbeda dengan dunia.  Untuk memenuhi panggilan Tuhan ini kita harus mau berproses yaitu menyalibkan kedagingan dan menundukkan diri pada pimpinan Roh Kudus.  "...hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging."  (Galatia 5:16).  Ini adalah harga mutlak.  Caranya?  Kita harus menutup hati terhadap pengaruh-pengaruh yang ada di dunia ini.  Yakobus menulis:  "Tidakkah kamu tahu, bahwa persahabatan dengan dunia adalah permusuhan dengan Allah? Jadi barangsiapa hendak menjadi sahabat dunia ini, ia menjadikan dirinya musuh Allah."  (Yakobus 4:4).

     Orang percaya dimungkinkan hidup tak bercacat cela di tengah gempuran dunia, karena Tuhan Yesus sudah berdoa dan memohon kepada Bapa:  "Aku tidak meminta, supaya Engkau mengambil mereka dari dunia, tetapi supaya Engkau melindungi mereka dari pada yang jahat. Mereka bukan dari dunia, sama seperti Aku bukan dari dunia. Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firman-Mu adalah kebenaran."  (Yohanes 17:15-17).  Tujuan dari perlindungan Bapa terhadap yang jahat adalah supaya orang percaya terhindar dari cara-cara hidup yang tidak sesuai dengan kebenaran firman-Nya.  Karena itu Bapa memberikan Roh Kudus sebagai penolong bagi orang percaya.

     Sebagaimana Abraham rela meninggalkan Urkasdim dengan segala kenyamanannya, orang percaya pun harus meninggalkan kesenangan dunia dan segala keterikatan dengan dunia ini.  "Janganlah kamu mengumpulkan harta di bumi;...Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada."  (Matius 6:19-21).  Inilah ikatan yang paling dominan yang dapat menjauhkan kita dari panggilan Tuhan.  Ikatan ini disebut pula sebagai  'beban'  yang dapat merintangi kita dalam perlombaan iman.  "Karena kita mempunyai banyak saksi, bagaikan awan yang mengelilingi kita, marilah kita menanggalkan semua beban dan dosa yang begitu merintangi kita, dan berlomba dengan tekun dalam perlombaan yang diwajibkan bagi kita."  (Ibrani 12:1).

Jangan biarkan kesenangan dunia menghalangi kita untuk mengalami penggenapan janji Tuhan, karena itu kumpulkanlah harta di sorga sebanyak-banyaknya.

No comments:

Post a Comment