Saturday, August 26, 2017

ORANG PERCAYA: Berasal dari Kebenaran

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 26 Agustus 2017

Baca:  1 Yohanes 3:19-24

"Demikianlah kita ketahui, bahwa kita berasal dari kebenaran."  Yohanes 3:19

Meski masih menjalani hidup di dunia ini Alkitab menegaskan bahwa keberadaan orang percaya bukanlah dari dunia ini, sehingga tidak sepatutnya kita memiliki pola hidup seperti dunia.  "...kamu bukan dari dunia, melainkan Aku telah memilih kamu dari dunia, sebab itulah dunia membenci kamu."  (Yohanes 15:19);  dan karena kita berasal dari kebenaran  (ayat nas), maka Tuhan memberikan Roh Kudus untuk menyertai dan menolong kita.  Selain itu Tuhan memberikan sebuah amanat bagi orang percaya yaitu supaya menjadi garam dan terang bagi dunia ini  (baca  Matius 5:13-16).

     Inilah ciri hidup orang yang berasal dari kebenaran yaitu hidup dalam ketenangan.  Kalau kita berasal dari kebenaran dan hidup dalam kebenaran kita pasti akan tenang dalam menjalani hidup.  "Di mana ada kebenaran di situ akan tumbuh damai sejahtera, dan akibat kebenaran ialah ketenangan dan ketenteraman untuk selama-lamanya."  (Yesaya 32:17).  Yang membuat orang tidak hidup tenang adalah ketika ia hidup dikuasai oleh dosa sehingga setiap saat selalu timbul rasa bersalah, karena Iblis terus mendakwanya.  Selama kita hidup dalam kebenaran Tuhan pasti akan membela dan memberkati hidup kita.  Orang yang berasal dari kebenaran pasti memiliki kerinduan yang besar untuk tinggal dekat Tuhan, sebab ia menyadari bahwa  "Hanya dekat Allah saja aku tenang, dari pada-Nyalah keselamatanku."  (Mazmur 62:2).  Karena itu  "...lebih baik satu hari di pelataran-Mu dari pada seribu hari di tempat lain; lebih baik berdiri di ambang pintu rumah Allahku dari pada diam di kemah-kemah orang fasik."  (Mazmur 84:11).  Di mana pun kita berada dan seberat apa pun tantangan, kita akan mampu melewatinya selama kita dekat dengan-Nya.

     Orang yang berasal dari kebenaran pasti taat melakukan perintah Tuhan dan berbuat apa yang berkenan kepada Tuhan,  "dan apa saja yang kita minta, kita memperolehnya dari pada-Nya, karena kita menuruti segala perintah-Nya dan berbuat apa yang berkenan kepada-Nya."  (1 Yohanes 3:22).  Jaminan bagi orang yang taat melakukan perintah Tuhan dan berbuat apa yang berkenan adalah apa yang diminta dan didoakan pasti dijawab oleh Tuhan!

Sudahkah kita benar-benar memenuhi kriteria sebagai orang yang berasal dari kebenaran?

1 comment:

  1. Sebab inilah KASIH kepada ALLAH, yaitu, bahwa kita MENURUTI perintah-perintah-NYA. Perintah-perintah-NYA itu TIDAK BERAT, sebab semua yang lahir dari ALLAH, mengalahkan dunia. Dan inilah KEMENANGAN yang mengalahkan dunia : IMAN kita. (1 Yohanes 5:3-4) AMIN.

    ReplyDelete