Wednesday, June 14, 2017

KEMENANGAN ORANG BENAR: Berasal Dari Tuhan (2)

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 14 Juni 2017

Baca:  Roma 8:31-39

"Sebab itu apakah yang akan kita katakan tentang semuanya itu? Jika Allah di pihak kita, siapakah yang akan melawan kita?"  Roma 8:31

Kemenangan Kristus di atas kayu salib adalah berita buruk bagi si Iblis, tapi merupakan berita sukacita bagi kita orang percaya.  "Maut telah ditelan dalam kemenangan. Hai maut di manakah kemenanganmu? Hai maut, di manakah sengatmu? ...syukur kepada Allah, yang telah memberikan kepada kita kemenangan oleh Yesus Kristus, Tuhan kita."  (1 Korintus 15:54, 55, 57).  Kini, belenggu dosa dan akibatnya, telah dipatahkan.

     Kemenangan orang percaya tidak ditentukan oleh berapa lama ia menjadi orang Kristen, atau seberapa aktif ia terlibat dalam pelayanan di gereja;  tapi kemenangan sepenuhnya ditentukan oleh faktor iman,  "sebab semua yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia. Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia: iman kita. Siapakah yang mengalahkan dunia, selain dari pada dia yang percaya, bahwa Yesus adalah Anak Allah?"  (1 Yohanes 5:4-5).  Berbicara tentang iman tak lepas dari apa yang disebut ketaatan,  "Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati."  (Yakobus 2:17).  Asal kita hidup taat maka tak ada yang perlu ditakutkan!  Sebab kemenangan kita bukan tergantung keadaan yang ada di sekeliling, tetapi tergantung seberapa dekat hubungan kita dengan Tuhan, karena Tuhanlah yang membawa kita kepada jalan kemenangan.  "Jika Allah di pihak kita, siapakah yang akan melawan kita?"  (ayat nas).  Kata lawan bisa berbicara tentang masalah, kesulitan, penderitaan, atau orang-orang yang merancang kejahatan terhadap kita.

     Mengapa masih banyak orang Kristen yang hidup dalam kekalahan?  Karena mereka tidak memahami benar siapa dirinya di dalam Tuhan.  Ini terjadi karena mereka tidak memiliki persekutuan yang karib dengan Tuhan  (Roma 8:33).  Artinya kita ini sangat berharga dan istimewa di mata Tuhan.  Pemazmur berkata,  "Berbahagialah orang yang Engkau pilih dan yang Engkau suruh mendekat untuk diam di pelataran-Mu! Kiranya kami menjadi kenyang dengan segala yang baik di rumah-Mu, di bait-Mu yang kudus."  (Mazmur 65:5).

"Kuda diperlengkapi untuk hari peperangan, tetapi kemenangan ada di tangan TUHAN."  Amsal 21:31

No comments:

Post a Comment