Saturday, December 31, 2016

TIDAK PERLU TAKUT HADAPI ESOK

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 31 Desember 2016

BacaMazmur 125:1-5

"Orang-orang yang percaya kepada TUHAN adalah seperti gunung Sion yang tidak goyang, yang tetap untuk selama-lamanya."  Mazmur 125:1

Berita-berita yang mengerikan hampir setiap hari kita dengar, tak bisa disalahkan jika semua orang merasa takut dan kuatir menghadapi hari esok.  Sebagai anak-anak Tuhan kita tidak perlu bersikap sama seperti mereka,  "Karena masa depan sungguh ada, dan harapanmu tidak akan hilang."  (Amsal 23:18).  Hari esok memiliki kesusahannya sendiri  (baca  Matius 6:34), karena itu kita tidak perlu disibukkan memikirkan keadaan esok dengan dihantui oleh berbagai hal yang membuat takut dan kuatir, apalagi rasa takut dan kuatir itu sampai-sampai melampaui iman kita kepada Tuhan Yesus.

     Sekalipun dunia dipenuhi dengan goncangan-goncangan di segala bidang kehidupan, tetapi  "...kita menerima kerajaan yang tidak tergoncangkan, marilah kita mengucap syukur dan beribadah kepada Allah menurut cara yang berkenan kepada-Nya, dengan hormat dan takut."  (Ibrani 12:28), karena penyertaan Tuhan atas kita sampai kepada kesudahan zaman  (baca  Matius 28:20b).  Marilah kita menjalani hidup ini dengan sikap yang optimis:  "...hidup kami ini adalah hidup karena percaya, bukan karena melihat..."  (2 Korintus 5:7).  Hidup karena percaya berarti melangkah dengan iman karena kita bukan lagi mengandalkan kekuatan sendiri, melainkan mengandalkan Tuhan dan berserah kepada pimpinan-Nya.  Jangan pernah melewatkan hari tanpa melibatkan Tuhan dan meminta penyertaan-Nya dalam segala hal.  Mungkin hari-hari yang kita lalui seperti berada di lembah bayang-bayang maut.  Kita tidak perlu takut karena Tuhan beserta kita. "Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku."  (Mazmur 23:4).

     Tanpa terasa kita sudah melewati hari-hari berat di sepanjang tahun 2016.  Tanpa penyertaan Tuhan kita tidak akan pernah sampai di hari ini.  Karena itu tetaplah mengucap syukur di segala keadaan!  Mari kita songsong pergantian tahun ini dengan memiliki tekad untuk hidup benar, dan jangan lagi bermain-main dengan dosa, sebab Tuhan pasti akan membuat  'pembedaan'  antara orang benar dan orang fasik.

"Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN!"  Yeremia 17:7

9 comments:

  1. Terimakasih Tuhan untuk segala penyertaanMU.

    ReplyDelete
  2. Yup 2017 hidup benar dan jangan main2 lagi dengan dosa.

    ReplyDelete
  3. Terima kasih Tuhan untuk segala perlindunganMu. Terpujilah Yesus Kristus untuk sekarang dan selama2nya! AMIN

    ReplyDelete
  4. Terima kasih untuk renungan harian air hidup Blog untuk sharingnya kepada kami sekeluarga (termasuk kedua anak kami) sepanjang tahun 2016. Blog ini benar2 memberikan berkat kepada kami melalui peneguhan firman Tuhan dalam kehidupan sehari-hari..
    Tuhan Beserta kita semua.

    ReplyDelete
  5. Ya terimah kasih tuhan, semoga tahun ini saya tidak main main lagi dengan dosa

    ReplyDelete
  6. Terimakasih Tuhan... Halleluyah

    ReplyDelete
  7. Terima kasih Tuhan atas tuntunanmu dalam menjalani hidup ini tanpa rasa takut karena Tuhan selalu Besertaku.

    ReplyDelete
  8. Terimakasih Tuhan untuk penyertaan Mu disepanjang hidup kami... Amin

    ReplyDelete
  9. Terimakasih atas renungan nya untuk lebih menguatkan kita tidak takut dalam kehidupan ke depan, walaupun situasi yang kita hadapi sekarang kurang begitu baik.

    ReplyDelete