Monday, July 25, 2016

TUHAN PELINDUNG YANG AMAN (2)

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 25 Juli 2016 

Baca:  Mazmur 9:1-21

"Demikianlah TUHAN adalah tempat perlindungan bagi orang yang terinjak, tempat perlindungan pada waktu kesesakan."  Mazmur 9:10

Nama Tuhan adalah menara yang kuat, karena di dalam nama-Nya ada kuasa yang sangat dahsyat;  nama-Nya adalah nama di atas segala nama.  Dalam pemikiran orang Ibrani kuno nama seseorang adalah gambaran dari pribadi orang itu kelak.  Begitu pula dengan nama Tuhan yang adalah pewahyuan dari diri Tuhan sendiri.  Tuhan menghendaki nama-Nya dipuji dan diserukan.  Ketika kita memuji dan menyerukan nama-Nya kita akan mengalami kuasa dari nama itu.  "dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya,"  (Yohanes 14:13).

     Perlindungan yang aman dialami Daud ketika ia berada di kemah Tuhan"Biarlah aku menumpang di dalam kemah-Mu untuk selama-lamanya,"  (Mazmur 61:5), karena di situlah Tuhan hadir dengan segala otoritas-Nya.  Daud berkata,  "...lebih baik satu hari di pelataran-Mu dari pada seribu hari di tempat lain; lebih baik berdiri di ambang pintu rumah Allahku dari pada diam di kemah-kemah orang fasik."  (Mazmur 84:11).  Selanjutnya rasa aman dan tenteram Daud rasakan ketika ia  "...berlindung dalam naungan sayap-Mu!"  (Mazmur 61:5).  Tuhan menggambarkan diri-Nya bagai induk rajawali, sedang umat-Nya adalah anak-anak-Nya.  "Laksana rajawali menggoyangbangkitkan isi sarangnya, melayang-layang di atas anak-anaknya, mengembangkan sayapnya, menampung seekor, dan mendukungnya di atas kepaknya, demikianlah TUHAN sendiri menuntun dia, dan tidak ada allah asing menyertai dia."  (Ulangan 32:11-12).  Bagaikan anak rajawali yang berlindung di bawah sayap induknya, demikianlah Daud rindu berlindung di bawah perlindungan-Nya.  "Dengan kepak-Nya Ia akan menudungi engkau, di bawah sayap-Nya engkau akan berlindung,"  (Mazmur 91:4).

     Perjalanan hidup Daud penuh tantangan, namun ketika ia mengandalkan Tuhan hidupnya terjaga aman.  Jaminan perlindungan bukan ia dapatkan dari hal-hal fana, bukan dari dunia, melainkan dari Tuhan.

Di tengah dunia yang penuh gejolak ini  "Lebih baik berlindung pada TUHAN dari pada percaya kepada manusia. Lebih baik berlindung pada TUHAN dari pada percaya kepada para bangsawan."  Mazmur 118:8-9

1 comment:

  1. Saya Dino, sangat terberkati atas renungan harian ini. Terimakasih saudara yang telah memberikan berkat Tuhan ini. Tuhan selalu memberkati saya dan saudara.

    ReplyDelete