Saturday, February 27, 2016

BERKAT TUHAN ADALAH PASTI

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 27 Februari 2016 

Baca:  Mazmur 115:1-18

"memberkati orang-orang yang takut akan TUHAN, baik yang kecil maupun yang besar."  Mazmur 115:13

Berkat adalah topik yang paling menarik dan selalu punya pusat perhatian bagi orang Kristen.  Siapa pun tidak ada yang akan menolak berkat dari Tuhan karena berkat adalah sesuatu yang selalu ditunggu-tunggu dan diharapkan.  Bagi orang percaya berkat Tuhan adalah sesuatu yang pasti.

     Untuk mengalami berkat Tuhan pemazmur memberikan kuncinya yaitu takut akan Tuhan.  Berbicara tentang berkat bukan berarti mengiring Tuhan akan terbebas dari masalah dan persoalan;  bukan berarti di depan kita tidak akan ada tantangan;  bukan berarti kita akan melihat langit selalu biru.  Inilah yang tidak dipahami oleh banyak orang Kristen.  Kita hanya menuntut berkat tetapi tidak mau mengikuti jalan Tuhan, padahal  "Segala jalan TUHAN adalah kasih setia dan kebenaran bagi orang yang berpegang pada perjanjian-Nya dan peringatan-peringatan-Nya."  (Mazmur 25:10).  Berkat Tuhan adalah pasti bagi orang yang takut akan Dia.  Berkat Tuhan juga pasti bagi orang yang mau melakukan sesuatu bagi Tuhan atau bekerja bagi Dia.  "supaya jalan-Mu dikenal di bumi, dan keselamatan-Mu di antara segala bangsa."  (Mazmur 67:3).  Mengapa kita harus bekerja?  "Bapa-Ku bekerja sampai sekarang, maka Akupun bekerja juga."  (Yohanes 5:17).  Jika Bapa dan Tuhan Yesus saja bekerja sampai sekarang, masakan kita hanya berpangku tangan dan bermalas-malasan?  "Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya."  (Eesus 2:10).

     Orang yang takut akan Tuhan adalah orang yang mau berjalan dalam tuntunan Tuhan.  Artinya memiliki keberanian untuk tunduk sepenuhnya kepada kehendak Tuhan, apa pun keadaannya.  Tuhan Yesus tunduk sepenuhnya-Nya kepada kehendak Bapa sehingga Ia berkata:  "...janganlah seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki."  (Matius 26:39).

Untuk menikmati berkat Tuhan tidak ada jalan lain, kita harus hidup takut akan Tuhan dan mengikuti jalan-Nya.  "Beritahukanlah jalan-jalan-Mu kepadaku, ya TUHAN, tunjukkanlah itu kepadaku."  Mazmur 25:4.

6 comments:

  1. Iya, sering banget kita cuma mau berkat tp gk mau menjalani kehendak Tuhan Yesus. Pantes aja doa kita sering kebanyakan kagak dijawabNya...

    ReplyDelete
  2. Sabda Kristus adalah Jalan dan Kebenaran, maka taatilah itu dengan setia sampai akhir hidupmu

    ReplyDelete
  3. Takut akan Tuhan adalah permulaan pengetahuan,tetapi orang bodoh menghina hikmat dan didikan.😇

    ReplyDelete
  4. Amin. Selama qt tidak menyimpang ke kanan dan ke kiri, di angkat qt naeik dan bukan turun. Kepala dan bukan ekor, apa saja yg qt kerjaan pasti Tuhan Yesus buat berhasil. Gbu

    ReplyDelete
  5. Memang di alkitab afa firman "tidak baik orang makan kalau tidak bekerja". Tapi klo dah nyari kerja ga dpt2 gmn ?

    ReplyDelete
  6. Tp gmn dng org yg sudah mencari kerja tp ga dpt2 ? Dia sudah rajin ibadah, integritasnya bagus, pendapat org2 ttg dia jg baik. Lalu apa yg kurang ?

    ReplyDelete