Monday, January 4, 2016

BERUBAH MENJADI LEBIH BAIK

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 4 Januari 2016

Baca:  1 Tesalonika 5:1-11

"Sebab itu baiklah jangan kita tidur seperti orang-orang lain, tetapi berjaga-jaga dan sadar."  1 Tesalonika 5:6

Semakin bertambahnya tahun semakin bertambah pula usia kita;  semakin bertambahnya tahun berarti semakin dekat pula hari kedatangan Tuhan kita, Yesus Kristus.  Dalam menghadapi tahun yang baru ini tidak ada kata lain selain kita harus memiliki semangat baru, tekad baru dan komitmen baru yang bertujuan agar kehidupan kita jauh lebih baik dari tahun sebelumnya.  Harus ada perubahan positif dalam diri kita!

     Perubahan itu bukanlah sekedar perubahan fisik semata, tetapi haruslah terutama hal kerohanian.  Kalau tahun lalu kita malas dan ogah-ogahan melayani Tuhan, di tahun baru ini mari bertekad untuk bersungguh-sungguh lagi melayani-Nya.  Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan.”  (Roma 12:11),  sebab  “…dalam persekutuan dengan Tuhan jerih payahmu tidak sia-sia.”  (1 Korintus 15:58).  Kalau di waktu lalu kita sayang dan selalu hitung-hitungan bila hendak menabur untuk pekerjaan Tuhan, di tahun ini kita berkomitmen memberi yang terbaik.  Muliakanlah TUHAN dengan hartamu dan dengan hasil pertama dari segala penghasilanmu, maka lumbung-lumbungmu akan diisi penuh sampai melimpah-limpah, dan bejana pemerahanmu akan meluap dengan air buah anggurnya.”  (Amsal 3:9-10).

     Hidup adalah perubahan!  Kalau dahulu kita melakukan banyak kesalahan, seharusnya di tahun ini kita belajar untuk tidak mengulangi kesalahan tersebut;  kalau dahulu mudah sekali melihat kekurangan orang lain dan suka menghakimi, kini belajar untuk selalu mengoreksi diri.  Baiklah tiap-tiap orang menguji pekerjaannya sendiri; maka ia boleh bermegah melihat keadaannya sendiri dan bukan melihat keadaan orang lain.”  (Galatia 6:4).  Adalah mustahil kita berubah jika tidak ada kemauan untuk berubah dan tidak mau membayar harga.  Hidup kita akan berubah bila kita mau diajar, dibentuk dan dipimpin oleh Roh Kudus.  Saat kita dipimpin-Nya kita akan dimampukan untuk tidak lagi hidup dalam kedagingan.  Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh,”  (Efesus 5:18).

Hidup kita akan jauh lebih baik bila kita mau dipimpin oleh Roh Kudus setiap hari!

6 comments:

  1. Terima kasih atas renungannya, sangat membuka hati saya untuk mengkoreksi diri dan ingin sekali Roh Kudus turut dalam kehidupan sayai. Tuhan Yesus memberkati.

    ReplyDelete
  2. Trm ksh renungan hariannya sangat bermanfaat sekali utk bertumbuhnya iman kami seharihari ....

    ReplyDelete
  3. Terimakasih renungannya..mengingatkan kita untuk menguji diri

    ReplyDelete
  4. Haleluya..sangat menegur sy secara pribadi lewat khotbah ini.

    ReplyDelete
  5. Trima kasih banyak buat renunganx yg sangat menegur sy secara pribadi untuk lebih lagi memperbaiki hidup sy biar jdi lebih baik

    ReplyDelete