Saturday, December 5, 2015

TUHAN YESUS: Gembala Yang Baik (2)

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 5 Desember 2015

Baca:  Mazmur 23:1-6

"TUHAN adalah gembalaku, takkan kekurangan aku."  Mazmur 23:1

Tuhan Yesus adalah Gembala yang baik karena Ia mengenal dengan baik domba-domba-Nya satu-persatu:  "Lihat, Aku telah melukiskan engkau di telapak tangan-Ku;"  (Yesaya 49:16).  Dengan tangan-Nya yang penuh kasih  "...Ia menggembalakan kawanan ternak-Nya dan menghimpunkannya dengan tangan-Nya; anak-anak domba dipangku-Nya, induk-induk domba dituntun-Nya dengan hati-hati."  (Yesaya 40:11).

     Kepada kita diberitahukan-Nya jalan yang benar dan hal-hal yang harus dihindari supaya kita tidak tersesat.  Tuhan berkata,  "Yang hilang akan Kucari, yang tersesat akan Kubawa pulang, yang luka akan Kubalut, yang sakit akan Kukuatkan, serta yang gemuk dan yang kuat akan Kulindungi; Aku akan menggembalakan mereka sebagaimana seharusnya."  (Yehezkiel 34:16).  Injil Matius mengatakan jika ada seekor domba saja yang tersesat, Tuhan akan mencarinya sampai ditemukan, padahal Ia masih mempunyai 99 domba yang lain  (Matius 18:13).  Sebagai Gembala yang baik Tuhan juga memberikan jaminan pemeliharaan yang sempurna.  Ia akan memenuhi segala kebutuhan kita asal kita senantiasa tinggal di dekat-Nya dan mau berjalan bersama-Nya,  "Ia membaringkan aku di padang yang berumput hijau, Ia membimbing aku ke air yang tenang; Ia menyegarkan jiwaku. Ia menuntun aku di jalan yang benar oleh karena nama-Nya. Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku."  (Mazmur 23:2-4).

     Selain itu Tuhan Yesus bertanggung jawab penuh terhadap keselamatan domba-domba-Nya.  Dengan gada dan tongkat Gembala siap melindungi jika ada binatang buas menyerang.  "...sedangkan seorang upahan yang bukan gembala...ketika melihat serigala datang, meninggalkan domba-domba itu lalu lari, sehingga serigala itu menerkam dan mencerai-beraikan domba-domba itu. Ia lari karena ia seorang upahan dan tidak memperhatikan domba-domba itu. Akulah gembala yang baik dan Aku mengenal domba-domba-Ku..."  (Yohanes 10:12-14).

Tuhan Yesus telah memberikan teladan hidup sebagai Gembala yang baik bagi domba-domba-Nya:  berkorban, mengasihi, memerhatikan, menuntun, dan bertanggung jawab penuh bagi kehidupan setiap domba-Nya.

1 comment:

  1. Tuhan aku mohon jadilah gembalaku, balutlah lukaku amin

    ReplyDelete