Tuesday, January 13, 2015

MENGUCAP SYUKUR: Menjadi Berkat Bagi Dunia

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 13 Januari 2015

Baca:  Mazmur 105:1-45

"Bersyukurlah kepada TUHAN, serukanlah nama-Nya, perkenalkanlah perbuatan-Nya di antara bangsa-bangsa!"  Mazmur 105:1

Bagi orang percaya, hidup ditengah-tengah dunia ini bukanlah perkara mudah.  Mengapa?  Karena orang-orang dunia menolak berita Injil dan juga menolak Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat.  Itulah sebabnya Alkitab menyebut kita berada di tengah-tengah angkatan yang bengkok dan sesat.  Dan bila dunia membenci kita dan memperlakukan kita secara tidak adil, kita tidak perlu terkejut lagi, karena firman Tuhan sudah menyatakannya.

     "Jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu. Sekiranya kamu dari dunia, tentulah dunia mengasihi kamu sebagai miliknya. Tetapi karena kamu bukan dari dunia, melainkan Aku telah memilih kamu dari dunia, sebab itulah dunia membenci kamu."  (Yohanes 15:18-19).  Meski demikian  "Janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan; lakukanlah apa yang baik bagi semua orang! Janganlah kamu kalah terhadap kejahatan, tetapi kalahkanlah kejahatan dengan kebaikan!"  (Roma 12:17, 21).  Tuhan menghendaki kita memiliki kehidupan yang  'berbeda'  dari dunia supaya mereka melihat sebuah keteladanan.  Sikap, perkataan dan perbuatan kita harus mampu menjadi berkat bagi mereka.  "Sebab dari buahnya pohon itu dikenal."  (Matius 12:33b).

     Ketika punya banyak masalah biasanya orang akan terus bermuram durja, uring-uringan, kecut, stres, mudah sekali marah dan tersinggung.  Hal ini akan berdampak negatif bukan hanya bagi diri sendiri tapi orang lain pun akan terbawa atmosfir negatifnya.  Bila kita tetap mengucap syukur meski diterpa badai masalah, orang lain yang melihat akan dikuatkan dan terberkati karena ada sesuatu yang berbeda dalam hidup kita.  Akhirnya kesempatan untuk bersaksi semakin terbuka lebar.  Saksikan campur tangan Tuhan:  kebaikan-Nya, kasih-Nya, penyertaan-Nya, kemurahan-Nya, pertolongan-Nya.  Dengan mengucap syukur dalam segala hal kita bisa menjadi berkat bagi orang-orang di sekitar kita,  "...sehingga kamu bercahaya di antara mereka seperti bintang-bintang di dunia,"  (Filipi 2:15).

Bersyukurlah senantiasa, supaya nama Tuhan semakin dipermuliakan melalui kehidupan kita!

No comments:

Post a Comment