Wednesday, June 11, 2014

Seri Roh Kudus: BAHASA BARU

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 11 Juni 2014

Baca:  Kisah Para Rasul 2:1-13

"Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya."  Kisah 2:4

Tanda lain yang dialami oleh murid-murid Tuhan ketika Roh Kudus dicurahkan adalah berkata-kata dalam bahasa baru.  Tuhan Yesus menyatakan bahwa  "Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka,"  (Markus 16:17).  Apa yang dikatakan Tuhan Yesus, benar-benar digenapiNya.

     Bahasa roh adalah:  salah satu karunia Roh Kudus yang diberikan Tuhan kepada orang percaya secara khusus dan sesuai dengan kehendak Roh Kudus;  kemampuan khusus yang diberikan Tuhan kepada anggota tubuh Kristus untuk mengucapkan secara spontan kata-kata yang diinspirasikan oleh Roh Kudus, baik kepada Tuhan maupun kepada orang lain dalam bahasa yang tidak kita mengerti dan tidak pernah kita pelajari sebelumnya;  suatu ucapkan yang diilhami oleh Roh Kudus melalui diri orang percaya, yang berkata-kata dalam suatu bahasa baru, yang tidak pernah dipelajari dan mungkin tidak dikenal oleh dunia ini, yang merupakan bukti fisik awal seseorang mengalami baptisan Roh Kudus.  "Siapa yang berkata-kata dengan bahasa roh, tidak berkata-kata kepada manusia, tetapi kepada Allah. Sebab tidak ada seorangpun yang mengerti bahasanya; oleh Roh ia mengucapkan hal-hal yang rahasia."  (1 Korintus 14:2).

     Berbahasa roh adalah salah satu karunia yang diberikan Tuhan untuk memperlengkapi orang percaya.  "...mereka yang mendapat karunia untuk mengadakan mujizat, untuk menyembuhkan, untuk melayani, untuk memimpin, dan untuk berkata-kata dalam bahasa roh."  (1 Korintus 12:28b).  Kalau kita memang tidak dikehendaki oleh Roh Kudus untuk menerima karunia berbahasa roh, jangan memaksakan diri untuk berbahasa roh, atau sekedar ikut-ikutan berbahasa roh.  Jangan pula memaksakan orang lain untuk berbahasa roh, apalagi sampai menghakimi orang lain yang tidak berbahasa roh dan menganggap bahwa mereka tidak rohani.

Berbahasa roh adalah tanda seseorang mengalami lawatan Roh Kudus dan itu merupakan salah satu karunia yang diberikan Tuhan!

1 comment:

  1. Shalom thx untuk renungannya, Banyak membangun saya. Saya berpendapat Bahasa roh memang tidak untuk dipaksakan kepada org lain. Tapi kalau bahasa roh tidak penting, Tuhan tidak beri sampai sekarang... jadi kalau kita meminta kepada Tuhan, pasti akan diberi " sesuai dengan waktu Tuhan ". Saya menantikan 2 tahun sampai saya dapatkan, dan saya merasakan buah2nya.Jesus love you and bless you..

    ReplyDelete