Friday, April 25, 2014

ROH KUDUS: Roh Penghibur

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 25 April 2014

Baca:  Matius 5:1-12

"Berbahagialah orang yang berdukacita, karena mereka akan dihibur."  Matius 5:4

Roh Kudus adalah Roh Penghibur dan Penolong bagi umatNya.  Ia diutus oleh Bapa di sorga untuk menyertai, menolong dan menghibur orang percaya dalam perjuangan hidup di dunia ini, lembah air mata yang penuh masalah, kesulitan, tekanan, penderitaan yang menghadirkan duka dan kepedihan.  Musa mengakui bahwa kebanggaan hidup manusia  "...adalah kesukaran dan penderitaan;"  (Mazmur 90:10).  Ini semua adalah ulah Iblis, si pencuri yang datang  "... hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan;"  (Yohanes 10:10a).  Yohanes pun menambahkan,  "Kita tahu, bahwa kita berasal dari Allah dan seluruh dunia berada di bawah kuasa si jahat."  (Yohanes 5:19).

     Rasul Paulus adalah contoh orang yang mengalami dan merasakan ganasnya kehidupan ini.  Ia harus menghadapi banyak kesulitan, tekanan, penderitaan, bahkan aniaya dalam pelayanannya, namun ia bisa berkata,  "Dalam segala hal kami ditindas, namun tidak terjepit; kami habis akal, namun tidak putus asa; kami dianiaya, namun tidak ditinggalkan sendirian, kami dihempaskan, namun tidak binasa."  (2 Korintus 4:8-9).  Kekuatan Paulus bukan karena ia mampu, tapi karena Roh Kudus yang selalu menghibur dan menguatkan dia.  Jangan pernah kecewa, putus asa, apalagi sampai undur dari Tuhan hanya karena masalah yang sedang menimpa.  Datang kepada Yesus dan serahkan semua beban permasalahan itu kepadaNya.  Dia mengajak,  "Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu."  (Matius 11:28).

     Percayalah bahwa setiap masalah dan pencobaan yang kita alami adalah pencobaan-pencobaan biasa yang tidak melebihi kekuatan kita.  Tuhan tahu secara persis sebatas mana kekuatan kita.  Pada saatnya Tuhan pasti akan menolong dan memberikan jalan ke luar sehingga kita dapat menanggungnya  (baca  1 Korintus 10:13).  Tuhan berjanji,  "Sampai masa tuamu Aku tetap Dia dan sampai masa putih rambutmu Aku menggendong kamu. Aku telah melakukannya dan mau menanggung kamu terus; Aku mau memikul kamu dan menyelamatkan kamu."  (Yesaya 46:4).

"Siapakah yang akan memisahkan kita dari kasih Kristus? Penindasan atau kesesakan atau penganiayaan, atau kelaparan atau ketelanjangan, atau bahaya, atau pedang?"  Roma 8:35

2 comments:

  1. YESUS aku percaya Engkau Allah yg tdk pernah ingkar janji karna itu beri aku kekuatan ya Bapa dlm menghadapi cobaan hidup ini

    ReplyDelete