Monday, April 14, 2014

MENGASIHI TUHAN: Mencintai FirmanNya

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 14 April 2014

Baca:  Mazmur 19:1-15

"Taurat TUHAN itu sempurna, menyegarkan jiwa; peraturan TUHAN itu teguh, memberikan hikmat kepada orang yang tak berpengalaman."  Mazmur 19:8

Penulis Amsal mengingatkan,  "Hai anakku, perhatikanlah perkataanku, arahkanlah telingamu kepada ucapanku; janganlah semuanya itu menjauh dari matamu, simpanlah itu di lubuk hatimu. Karena itulah yang menjadi kehidupan bagi mereka yang mendapatkannya dan kesembuhan bagi seluruh tubuh mereka."  (Amsal 4:20-22).

     Rugi besar jika kita meremehkan firman Tuhan karena itulah kunci hidup berkemenangan dan diberkati.  Tuhan berkata kepada Yosua,  "Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung."  (Yosua 1:8).  Mendengarkan firman, merenungkannya siang dan malam, serta melakukannya adalah kunci mengalami penggenapan janji-janji Tuhan.  Tidak semua orang Kristen menyadari hal ini.  Inginnya hanya menikmati berkat-berkat Tuhan tapi tidak peduli dan mengabaikan firman Tuhan.  Jangan pernah berkata kita mengasihi Tuhan jika kita tidak mencintai firmanNya.  Mari belajar dari Daud yang begitu mengasihi Tuhan dan mencintai firmanNya.  "Betapa kucintai Taurat-Mu! Aku merenungkannya sepanjang hari. "  (Mazmur 119:97), sehingga Daud mengalami perkara-perkara besar dalam hidupnya.

     Jika kita merasa bosan, jenuh, tidak punya rasa haus dan lapar akan firman Tuhan berarti ada ketidakberesan dalam hidup kita, sementara kegiatan-kegiatan duniawi, hobi, hiburan, televisi, surat kabar dan sebagainya lebih menarik hati dan menjadi  'magnet'  tersendiri bagi kita.  Lalu kita pun mencari-cari alasan untuk menyalahkan pendeta:  isi khotbahnya tidak menarik, tidak berbobot, terlalu bertele-tele dan sebagainya, padahal masalah sesungguhnya ada pada diri kita sendiri.  Salah satu tanda orang yang mengasihi Tuhan adalah mencintai dan menghargai firman Tuhan, tak peduli siapa yang menyampaikannya.

     Daud mengakui bahwa Taurat Tuhan itu  "...lebih indah dari pada emas, bahkan dari pada banyak emas tua; dan lebih manis dari pada madu, bahkan dari pada madu tetesan dari sarang lebah."  Mazmur 19:11

1 comment:

  1. Terimakasih, sangat memberkati saya di pagi hari ini.

    ReplyDelete