Saturday, September 28, 2013

TEMPAT KEDIAMAN TUHAN (2)

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 28 September 2013 -

Baca:  Mazmur 100:1-5

"Beribadahlah kepada TUHAN dengan sukacita, datanglah ke hadapan-Nya dengan sorak-sorai!"  Mazmur 100:2

Ingin bertemu dengan Tuhan?  Jangan tinggalkan jam-jam peribadatan.  Firman Tuhan menasihati,  "Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat."  (Ibrani 10:25).

     Di dalam BaitNya yang kudus Tuhan akan menyatakan kasih setiaNya dan mengenyangkan umatNya dengan segala kebaikan.  "Berbahagialah orang yang Engkau pilih dan yang Engkau suruh mendekat untuk diam di pelataran-Mu! Kiranya kami menjadi kenyang dengan segala yang baik di rumah-Mu, di bait-Mu yang kudus."  (Mazmur 65:5).  Maka milikilah kerinduan dan roh yang menyala-nyala untuk datang ke Rumah Tuhan, seperti Daud,  "Betapa disenangi tempat kediaman-Mu, ya TUHAN semesta alam! Jiwaku hancur karena merindukan pelataran-pelataran TUHAN; hatiku dan dagingku bersorak-sorai kepada Allah yang hidup. Sebab lebih baik satu hari di pelataran-Mu dari pada seribu hari di tempat lain; lebih baik berdiri di ambang pintu rumah Allahku dari pada diam di kemah-kemah orang fasik."  (Mazmur 84:2, 3, 11).

     Seringkali kita lupa bahwa tubuh kita adalah tempat kediaman Tuhan juga sebagaimana rasul Paulus katakan,  "Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu? Jika ada orang yang membinasakan bait Allah, maka Allah akan membinasakan dia. Sebab bait Allah adalah kudus dan bait Allah itu ialah kamu."  (1 Korintus 3:16-17), atau  "...tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, --dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri? Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!"  (1 Korintus 6:19-20).  Oleh karena itu kita harus mempersembahkan tubuh kita sebagai persembahan yang hidup, kudus dan yang berkenan kepada Tuhan sebagai ibadah yang sejati  (baca  Roma 12:1).  "Sebab itu hendaklah dosa jangan berkuasa lagi di dalam tubuhmu yang fana, supaya kamu jangan lagi menuruti keinginannya."  (Roma 6:12).

Tuhan itu tidak jauh dari kita, karena itu datanglah kepadaNya setiap waktu!

No comments:

Post a Comment