Monday, February 11, 2013

TUHAN SANGGUP MEMULIHKAN (2)

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 11 Februari 2013 -

Baca:  Yeremia 29:10-14

"Aku akan memberi kamu menemukan Aku, demikianlah firman Tuhan, dan Aku akan memulihkan keadaanmu..."  Yeremia 29:14

Bagaimana kehidupan doa saudara?  Kita sering hanya berdoa saat bangun tidur, mau makan dan mau tidur.  Cukupkah demikian?  Sementara berdoa secara pribadi keapda Tuhan jarang kita lakukan.  Berdoa pribadi bukanlah suatu kewajiban agama, aktivitas rutin belaka atau karena keterpaksaan, tapi haruslah suatu kehidupan yang terpancar dari dalam hati kita bagaikan air sungai yang mengalir terus-menerus siang dan malam;  doa yang lahir dari kerinduan hati kita terdalam untuk bertemu Tuhan secara pribadi,  "Seperti rusa yang merindukan sungai yang berair, demikianlah jiwaku merindukan Engkau, ya Allah. Jiwaku haus kepada Allah, kepada Allah yang hidup."  (Mazmur 42:2-3a).

     Adakah kita rindu sedemikian saat berdoa?  Alkitab menjamin,  "Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya."  (Yakobus 5:16b).  Ketika kita hidup di jalur Tuhan pasti doa-doa kita diperhatikanNya.  Penghalang utama doa kita tidak dijawab adalah dosa dan pelanggaran kita sendiri (baca  Yesaya 59:1-2).

     Selain berseru kepada Tuhan kita harus mencari wajahNya senantiasa.  Dalam Yeremia 29:13 dikatakan,  "Apabila kamu mencari Aku, kamu akan menemukan Aku; apabila kamu menanyakan Aku dengan segenap hati."  Mencari wajah Tuhan berarti merindukan kehadiran Tuhan dalam hidup kita setiap saat.  "Carilah wajah-Ku; maka wajah-Mu kucari, ya Tuhan."  (Mazmur 27:8).  Ketika Tuhan hadir dan melawat hidup kita sesuatu pasti terjadi:  pemulihan, kesembuhan, berkat, pertolongan, sukacita, ketenangan, pasti dinyatakan.  Ketika tabut Tuhan (lambang kehadiran Tuhan) berada di rumah Obed-Edom selama tiga bulan Tuhan memberkati Obed-Edom dan seisi keluarganya secara luar biasa (baca  2 Samuel 6:11).

     Tuhan Yesus adalah jawaban bagi setiap persoalan hidup kita.  Tidak ada pribadi lain yang dapat memberikan jalan keluar terbaik selain Dia.  Karena itu tanggalkan segala hal yang tidak berkenan, maka Dia tidak akan menyembunyikan wajahNya terhadap kita.  Percayalah bahwa janji pemulihan bagi kita akan digenapi oleh Tuhan.

Jadikan doa sebagai kebutuhan pribadi dan rindukan kehadiran Tuhan selalu, maka hidup kita pasti dipulihkan!

2 comments:

  1. Benar, doa kpd Yesus adalah jwbn atas segala pergumulan hidup kita. Trimakasih Yesus. Amin.

    ReplyDelete
  2. tanpa Doa, hidup kita hampa,masalah hidup kita tdk terselesaikan, dg doa yang sungguh2 dinyatakan dari sikap hati yg berkenan kepada Tuhan, pada waktuNya yang tepat masalah kita akan terselesaikan dg luar biasa. Terima kasih Tuhan Yesus

    ReplyDelete