Friday, February 15, 2013

SEHAT DAN KUAT ROHANI (1)

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 15 Februari 2013 -

Baca:  Efesus 3:14-21

"Aku berdoa supaya Ia, menurut kekayaan kemuliaan-Nya, menguatkan dan meneguhkan kamu oleh Roh-Nya di dalam batinmu,"  Efesus 3:16

Banyak cara yang ditempuh orang untuk menjaga tubuhnya agar tetap sehat dan prima, di antaranya melalui olahraga.  Ada yang hanya jogging dengan mengitari taman di sekitar komplek rumahnya, bermain tenis, bulutangkis, berenang, 'gowes' (bersepeda) dan juga ber-fitness ria di tempat-tempat kebugaran, plus mengkonsumsi makanan yang bergizi dan vitamin.  Sedihnya, banyak orang yang begitu berkonsentrasi untuk menjaga kesehatan jasmaninya, namun mengabaikan kesehatan rohaninya.  Memang secara jasmani mereka terlihat sehat dan kuat, tetapi secara rohani belum tentu mereka sehat.  Itulah sebabnya firman Tuhan menasihati,  "Latihlah dirimu beribadah. Latihan badani terbatas gunanya, tetapi ibadah itu berguna dalam segala hal, karena mengandung janji, baik untuk hidup ini maupun untuk hidup yang akan datang."  (1 Timotius 4:7b-8). 

     Ditegaskan bahwa latihan badani itu terbatas gunanya.  Ada hal yang lebih penting yang harus kita kejar yaitu sehat rohani.  Ada pun latihan yang harus kita lakukan guna menjaga kesehatan tubuh rohani kita adalah ibadah.  Karena itu  "Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat."  (Ibrani 10:25).  Latihan ibadah ini meliputi:  doa (pujian dan penyembahan), merenungkan firman Tuhan dan juga pelayanan.  Doa adalah nafas hidup orang percaya.  Tanpa doa kita akan 'mati rohani'.  Kepada jemaat di Tesalonika rasul Paulus menasihati,  "Tetaplah berdoa."  (1 Tesalonika 5:17).  Inilah rahasia keberhasilan pelayanan rasul Paulus sehingga ia mampu menjungkirbalikkan dunia dengan Injil.

     Apa pun yang kita kerjakan, baik itu pelayanan, pekerjaan studi, rumah tangga dan sebagainya perlu ditopang dalam doa.  Jangan sekali-kali mengandalkan kekuatan sendiri dan merasa diri mampu, karena di luar Tuhan kita tidak dapat berbuat apa-apa.  Tanpa doa, pelayanan yang kita kerjakan tidak akan berdampak bagi orang lain.  Doa akan membuat kita tetap kuat dan makin teguh di dalam Tuhan meski ada badai menerpa.  Sudahkah doa menjadi kebutuhan pribadi kita setiap hari?  Jangan hanya berdoa saat butuh saja atau dalam masalah!  (Bersambung)

7 comments:

  1. Doa memang membawa pengaruh yg kuat dlm kehidupan kita. Doa yg diucapkan dgn ketulusan hati dan iman yg teguh akan semakin menguatkan kita dlm menghdpi setiap tantangan hidup kita. Tetaplah Berdoa. Amin.

    ReplyDelete
  2. Doa adalah alat komunikasi kita dengan Tuhan kita,lebih penting dari HP yang selalu kita bawa kemana aja,Dengan doa kita akan mendapatkan kesehatan jasmani dan rohani dari Tuhan sumber segala yang ada.Semoga makin banyak umat manusia menyadari betapa pentingnya berdoa,syaloom.

    ReplyDelete
  3. DOA DAPAT MENGUBAH SGALA SESUATU....
    AMIN....

    ReplyDelete
  4. Amien mksh renungannya

    ReplyDelete
  5. Doa adalah rahasia hidup yg berkemenangan

    ReplyDelete
  6. AMIN TUHAN BERKATI KITA SEMUA

    ReplyDelete