Sunday, February 17, 2013

HIDUP SAMA SEPERTI KRISTUS

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 17 Februari 2013 -

Baca:  1 Yohanes 2:1-6

"Barangsiapa mengatakan, bahwa ia ada di dalam Dia, ia wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup."  1 Yohanes 2:6

Kita telah memahami bahwa menjadi Kristen berarti harus hidup sama seperti Kristus, artinya kita harus meneladani Dia dan hidup menurut cara yang Tuhan tetapkan.  Namun hidup sama seperti Kristus bukan berarti kita menjalani hidup yang sangat berat, tidak bebas, dengan tumpukan tugas dan tanggung jawab serta segudang larangan.

     Tak beda dengan seorang anak dalam sebuah keluarga, kita pun tidak bisa hidup semaunya sendiri.  Orangtua kita pun punya 'rambu-rambu' yang tidak boleh dilanggar oleh anak-anaknya.  Karena itu sebagai anak kita harus patuh dan tunduk kepada ayah (orangtua) kita.  Alkitab menasihati,  "Hai anakku, janganlah anggap enteng didikan Tuhan, dan janganlah putus asa apabila engkau diperingatkan-Nya;  karena Tuhan menghajar orang yang dikasihi-Nya, dan Ia menyesah orang yang diakui-Nya sebagai anak."  (Ibrani 12:5-6).  Jika kita menyadari bahwa status kita adalah anak Tuhan, maka kita wajib menjalani suatu kehidupan menurut apa yang telah ditetapkan Tuhan bagi kita, sebagaimana Kristus taat mengerjakan apa yang ditetapkan oleh BapaNya.  Itulah yang menjadi kunci rahasia keberhasilan Kristus!  Jika kita ingin menjadi orang Kristen yang berhasil kita pun harus mengikuti jejakNya.  Tuhan Yesus mengatakan bahwa Ia datang ke dunia ini dengan satu tujuan yaitu melakukan apa yang menjadi kehendak Bapa:  "Makanan-Ku ialah melakukan kehendak Dia yang mengutus Aku dan menyelesaikan pekerjaan-Nya."  (Yohanes 4:34).

     Seringkali kita berpikir bahwa hidup sama seperti Kristus menjadikan kita hidup dalam penderitaan dan terkekang.  Padahal,  "Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu."  (Yohanes 8:31-32).  Itulah sebabnya selama berada di bumi Yesus tidak pernah menyia-nyiakan kesempatan yang ada.  Waktu dan segenap keberadaan hidupNya sepenuhnya dicurahkan untuk melakukan kehendak bapaNya secara sempurna.  Sudahkah kita hidup sama seperti Kristus?  Jika kita berjalan seturut kehendak Tuhan dan meneladaniNya, maka kita telah hidup seperti Dia.

Kita tak layak disebut Kristen jika hidup tak mencerminkan Kristus sama sekali!

3 comments:

  1. Hidup sebagai orang Kristen haruslah mencerminkan perbuatan perbuatan baik dan penuh kasih. Jadilah sebagai orang Kristen yg sejati. Haleluya. Amin.

    ReplyDelete
  2. This is a good posting about religion. I agree with this idea. This is good also for everyone. Always good , btw anyone may see also Renungan Pagi

    ReplyDelete
  3. Perintah BAPA tidak lagi terasa berat jika kita menjalaninya BERSAMA KRISTUS ... Karena terlebih dahulu YESUS meneladankan dan melakukan perintah BAPA, maka jika kita sbg anak-anak-NYA dengan senang hati dan tanpa keterpaksaan maka kita pasti mampu melakukannya dengan KETULUSAN (1 Yoh 5:3) ... PUJI TUHAN ... AMIN.

    ReplyDelete