Saturday, October 13, 2012

ORANG KRISTEN YANG SABAR

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 13 Oktober 2012 -

Baca:  Kolose 3:5-17

"Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian."  Kolose 3:13

Di zaman sekarang ini tidak mudah menemukan orang yang sabar.  Banyak orang cenderung cepat-cepat dan sembarangan dalam mengerjakan segala sesuatu.  Atau ketika dalam masalah dan pergumulan, kita sering mendengar nasihat yang mengatakan, "Yang sabar ya."  Lalu kita pun menimpali: "Kesabaran kan ada batasnya."  Sebenarnya, apa itu kesabaran?

     Kesabaran adalah ketenangan hati dalam menghadapi cobaan;  kesabaran adalah lawan dari kemarahan yang tidak pada tempatnya, kemampuan untuk menahan diri dalam menghadapi situasi-situasi sulit;  sifat tenang;  tabah;  tidak tergesa-gesa atau terburu nafsu.  Ketika orang lain marah, menyakiti atau berbuat jahat kepada kita, tanpa pikir panjang kita ingin segera mendamprat atau membalasnya.  Apa bedanya kita dengan orang dunia jika demikian?  Sebagai orang Kristen kita dituntut untuk memiliki kesabaran dan saling bersabar satu sama lainnya, sebab kesabaran adalah bagian dari kasih, dan kekristenan itu identik dengan kasih.  Tertulis:  "Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong."  (1 Korintus 13:4).

     Di samping itu, kesabaran merupakan bagian dari buah-buah Roh yang harus terpancar dalam kehidupan orang percaya (baca Galatia 5:22-23).  Jika kita mengaku diri sebagai orang Kristen/pengikut Kristus tapi kita tak punya kesabaran, maka kita perlu bertobat!  Dengan kesabaran, seseorang dapat melihat hal-hal yang positif di tengah kesukaran sekali pun.  Bukankah banyak orang Kristen yang tidak sabar menantikan pertolongan dari Tuhan dan akhirnya mereka pun tidak mengalami berkat-berkat Tuhan?  Kesabaran adalah kunci untuk sebuah hubungan kerjasama yang baik.  "Si pemarah membangkitkan pertengkaran, tetapi orang yang sabar memadamkan perbantahan."  (Amsal 15:18).  Pertengkaran dan permusuhan seringkali terjadi ketika ada pihak yang tidak sabar alias mudah tersulut emosi.  Oleh karena itu  "Jika amarah penguasa menimpa engkau, janganlah meninggalkan tempatmu, karena kesabaran mencegah kesalahan-kesalahan besar."  (Pengkotbah 10:4).

Sudahkah kita menjadi orang Kristen yang sabar?

55 comments:

  1. saya benar benar tertusuk dengan perkataan diatas. Beberapa hari yg lalu saya bertengkar dengan adik saya den istrinya krn saya tidak ada sedikitpun mrk rasa berterima kasih kpd saya padahal selama ini sy merasa sdh menolong mrk tp malahan saya yg disalahkan ibu saya krn sikap mrk. Akhirnya emosi saya tersulut tuk datangin mrk, Ampunin dan ubahlah saya TUHAN ajar dan jadikanlah saya jadi orang yang saba krn jadi orang yg sabar bagi saya tdk mudah, AMIN.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saudara adi,terkadang kita menanam padi ada tumbuh rumput tapi menanam rumput tidak akan tumbuh padi tetaplah menanam kebaikan Tuhan berkati

      Delete
    2. Luar biasa renungan mengingatkan aku bahwa aku kadang tidak sabar

      Delete
    3. Kenapa disaat ada masalh kita sering lupa utk berpikir spy bersabar. Sesudah emosi reda baru kita menyesali apa yg kita lakukan. Semoga Roh Kudus selalu mengingatkanku utk selalu bersabar dlm menghadapi masalah. TYM. Amin

      Delete
    4. Sama seperti aku, berbuat bai, terhadap saudara, tapi kebencian yg ku dapat. Mulai dari adiknya papa mertua, anaknya, lha kok cucunya yg kecil yg gak ngerti apa apa ikut memusihiku.
      Ya, Tuhan sampai detik ini lho aku gak ngerti kesalahan apa yg aku lakukan. Pindahan rumah baru dia ditawari istriku untuk ikut tinggal serumah, hari pertama langsung sewot gak bicara, ditegor sapa buang muka. Apa salahku????
      Dunia memang gila.
      Kalau bukan anak
      Tuhan, mungkin sudah aku hajar, atau mungkin ini proses jadi anak Tuhan sesungguhnya.
      Coba bayangkan :
      Dulu pindah rumah, dari madura ke sby, saya yg bantu, suaminya gak bisa jalan saya yg menuntun(anaknya gak mau tau, isine ngomel tok)
      Putune sekolah kadang saya yg antar jemput (seangkatan dan sekolah yg sama dengan anakku).
      Sekarang diberi tumpangan, saya dimusuhi..
      Pindahan rumah dia tinggal masuk, tanpa ada bantuan dari anaknya untuk bantu bantu bersih rumah, angkat barang.
      Coba pikiren seumpama ini terjadi padamu, sampai kapan ini berakhir.
      Istri saya suruh tanya apa salahku, biar aku bisa koreksi diri kalau ada yg aku lakukan salah.
      Tak pikir pikir sampai sekarang aku sepertinya gak pernah melakukan kesalahan.
      TUHAN YESUS yg tahu jawabannya

      Delete
    5. anda mengaku dosa dan minta ampun...itu sudah luar biasa dahsyat dan memberkati...Amin.

      Delete
  2. Terimakasih untuk artikelnya yang membangun

    ReplyDelete
  3. Trimakasih untuk Firman Tuhan yg sangat luar biasa melalui artikel, Amin..

    ReplyDelete
  4. Lakukanlah segala sesuatu seperti untuk Tuhan bukan untuk manusia. Kesabaran adalah salah satu bukti kita taat perintah Tuhan
    Terima kasih atas artikelnya yg sangat memangun

    ReplyDelete
  5. Terima kasih atas firman Tuhan yang membangun iman saya.

    ReplyDelete
  6. Sabar emang susah bagiku aq yang maunya instan dan cepat terjadi. Tapi aq sadar akan ada nya artikel tersebut membuat aq coba buat bersabar dan berusaha . PUJI TUHAN. AMEN.

    ReplyDelete
  7. Memang susah untuk bersabar. Aq slalu suka yg instan dan cepat terjadi tanpa harus bersabar. Tapi dari artikel tersebut aku akan coba untuk berasabar dan berusaha . Terpujilah Nama Mu Tuhan Yesus. AMEN <3

    ReplyDelete
  8. Terima kasih atas Artikel di atas, mudah-mudahan jadi motivasi hidup, agar tidak mudah diprovokasi oleh hal hal yg merugikan diri sendiri terlebih di hadapan Tuhan. Sekali lagi terima kassih. Tuhan Yesus memberkati.

    ReplyDelete
  9. Terima kasih atas Artikel di atas, mudah-mudahan jadi motivasi hidup, agar tidak mudah diprovokasi oleh hal hal yg merugikan diri sendiri terlebih di hadapan Tuhan. Sekali lagi terima kassih. Tuhan Yesus memberkati.

    ReplyDelete
  10. Berikan saya hati yang tenang,dan selalu berlindung dengan penyertaan Jesus

    ReplyDelete
  11. Saya mengakui dengan jujur bahwa saya memeliki karakter pemarah jika seseorang menyinggung perasaan, tapi dari waktu kewaktu dengan pertolongan Tuhan melalui pembacaan firman Tuhan saya mampuh mengurangi sifat pemarah dan memohon ampun dan yakin bahwa Tuhan membaharui hidup saya

    ReplyDelete
  12. Saya sedang di phk krn difitnah yg macam macam. Padahal perusahaan tersebut mayoritas kristen tetapi tdk mencerminkan kristen sejati. Membaca artikel ini saya sadar bahwa bersabar itu sulit bukan berarti tidak mungkin. Biarlah Tuhan yg campur tangan terhadap org yg suka memfitnah tersebut..

    ReplyDelete
  13. Saya sedang di phk krn difitnah yg macam macam. Padahal perusahaan tersebut mayoritas kristen tetapi tdk mencerminkan kristen sejati. Membaca artikel ini saya sadar bahwa bersabar itu sulit bukan berarti tidak mungkin. Biarlah Tuhan yg campur tangan terhadap org yg suka memfitnah tersebut..

    ReplyDelete
  14. Sulit sekali rasanya bersabar saat seseorang menyakiti kita. Saya sedang dalam posisi dimana ada orang yang entah mengapa kasar terhadap saya dan senang menyudutkan saya saat saya berbuat kesalahan. Saya tahu memaafkan merupakan karakter anak-anak Kristus,tapi saya selalu sulit melakukannya saat menghadapi orang2 ini. Rasanya hati saya sangat sakit karena mereka sering menyakiti dan nyinyir. Hanya kuasa Tuhan lah yang memampukan saya untuk sabar dan tetap tenang. Ampuni saya Tuhan.

    ReplyDelete
  15. Sabar itu sangat sulit. Disaat kita tidak bersalah, tapi dipojokin, gak tau letak salah ny dimana. Mencoba untuk bersabar, diam, merenungkan, kroscek diri, berdoa, walau pun sedih, sy harus kuat agar kita tidak lemah.
    Ketika hati saya sangat mengerti apa yg paling dibutuhkan suami disaat dia terjepit, saya ada disampingnya, memahami apa yg dia butuhkan. Tapi ketika saya yg terjepit, butuh sesuatu. Dimana kamu suami ku???
    Perasaan ini jadi lemas, sedih, susah, marah, emosi bercampur jadi satu.. Mengerti sama org yg kita cintai, belum tentu dia sebaliknya mengerti sama diri kita sdiri..
    Ini ujian dari mu Tuhan, kuatkan,,,kuatkan aku Tuhan, sulit sekali menjalani hari2 ini, besok, lusa n seterusnya.
    Dan untuk semua ny itu, kuserahkan hatiku ini dalam darah kudus Mu. Hanya Engkau Tuhan yg sanggup mengubah segala perkara menjadi kedamaian.. Amin,,, amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin, banyak banget istri merasakan hal yang sama seperti ini. semoga semua istri di dunia ini diberi kesabaran, agar rumah tangga tetap bisa berjalan dengan baik

      Delete
  16. Terima kasih Tuhan Yesus atas firmanmu yang ajaib, firman indah, firman hidup yang kekal.

    Amin.

    ReplyDelete
  17. Sabar itu memang sulit... Sekali ..
    ..tapi perlu proses dgn artikel atau firman itu kita semakin dikuatkan... Amin

    ReplyDelete
  18. sabar...sabar...dan sabar...

    Dengan sabar..pikiran kita jadi tenang dan bisa fokus dalam bertindak selanjutnya.

    bisa berpikir jernih dan sehat sehingga tidak salah melangkah...

    ReplyDelete
  19. Puji syukur bagimu TUHAN trimah kasih buat kebenaran firman TUHAN kiranya sebagai ibu bagi anak2 dan juga istri sy di beri hati yg lbih sabar lagi dalam menghadapi semuanx dan tetap mengucap syukur kepada TUHAN .AMEN

    ReplyDelete
  20. Saya merasa depresi akhir akhir ini karena ada masalah besar yg membuat hati dan pikiran saya begitu hancur. Bahkan sampai saat ini masih seperti ada yang menusuk didada sebelah kiri.

    Semoga saya boleh mendapat pengampunan dan bisa instrospeksi dan diberikan kekuaatan dalam menjalani hari hari kedepannya ...

    Saya percaya Tuhan adalah yang Maha.
    Karena oleh kasihnya saya kita layak bagi dia.

    ReplyDelete
  21. Saya merasa sangat tertekan saya dituduh mengambil uang orang. Memang dlu pernah namun untuk kali ini tidak. Saya mau tidak mau terpaksa mengakui kalau saya yang mengambilnya walaupun bukan saya yang mengambilnya.

    Ya Bapa semoga dari kejadian ini, bisa jadikan pelajaran dan bentuk penguatan iman Hamba pada-Mu dan membuat hamba semakin mendekatkan diri pada-Mu. Terima kasih atas pelajaran yang Kau beri. Ku percaya bahwa Engkau punya rencana yang luar biasa..Amin

    ReplyDelete
  22. Sulit bagi saya utk bersabar krn masih menganggap diri kita lebih utama dari org lain. Minta pertolonganNya setiap hari agar dimampukan menyangkal diri.

    Sebetulnya Pengampunan adalah hadiah utk diri kita sendiri agar hati kita bersih dari segala kepahitan dendam & marah.

    ReplyDelete
  23. terima kasih atas artikel ini sudah mengingatkan kembali. segala sesuatu nya kita harus bersabar walau kita terkadang terhimpit akan beberapa hal didalam hidup kita
    namun, bila kita berserah kepada TUHAN YESUS maka segala sesuatu nya akan kita yakini bahwa semua indah pada waktunya

    ReplyDelete
  24. Terima kasih untuk renungan ini smoga saya diberikan kesabaran untuk berbuat dan menantikan berkat Tuhan

    ReplyDelete
  25. Terima kasih untuk firman yg bgtu indah bagi kami, dan ajar kami untuk trus berpatokan pada firmanMu ya Tuhan. Aminn

    ReplyDelete
  26. Selalu bersyukur apapun yg terjadi.kita hanya manusia kecil

    ReplyDelete
  27. TERIMAKASIH BANYAK KAAA ATAS RENUNGANNYA:)

    ReplyDelete
  28. Puji Tuhan sya merasa di kuatkan oleh firman ini
    Amin

    ReplyDelete
  29. Setelah membaca renungan harian ini saya merasa dikuatkan,jujur saat ini saya berada dlm keterpurukan karna suami orang yg saya cintai dan sayangi berselingkuh dengan wanita lain dibelakang saya.hati saya sangat terluka apalg suami saya sendiri mengakuinya.setelah membaca renungan ini saya mulai sadar bahwa dlm menghadapi setiap pergumulan kita harus selalu sabar dan penuh kasih karna itu saya membuka hati saya untuk memberikan pengampunan kepada suami saya,dan berdoa agar Tuhan yg membalut luka hati saya,dan saya imani bahwa dibalik itu semua ada rencana Tuhan yg indah buat rumahtangga saya biar Tuhan jg yg akan mengetuk pintu hati suami saya sehingga boleh kembali kepada saya dan anak2.

    ReplyDelete
  30. Orang sabar disayangi Tuhan, sebab itu aku berusaha menjadi orang yg sabar,walaupun tidak mudah,tetapi rohulkudus memampukan saya.Amin

    ReplyDelete
  31. Saya baru kali ini membaca Alkitab dengan sungguh sungguh dalam renungan ini. Karena saya merasa menjadi seorang ayah yang kejam terhadap anak anak saya yg masih SD dan 4 tahun karena mereka sering bertengkar. Seharusnya saya yg mengajarkan anak anak saya kelemah lemburan, belas kasihan dan kasih sesuai ayat tersebut bukan mengajarkan kekerasan kepada mereka dengan selalu memarahi mereka. Semoga ayat ini menjadi awal bagi saya untuk sungguh sungguh membaca firman Tuhan main melaksakan nya dan selalu berpengharapan pada Tuhan Yesus Kristus. Amin

    ReplyDelete
  32. Trima kasih Tuhan untuk renungan ini yang mengajarkan dan mengingatkan kami untuk selalu bersabar. Terkadang kami tidak sabar dalam sesuatu yg membuat kita marah, tetapi Roh Kudus selalu memampukan kita untuk sabar dan datang kepada Tuhan dengan Doa kami

    ReplyDelete
  33. Saya memiliki pendamping yg aneh,dulu kami susah lalu dengan kuasa doa pd Tuhan yg tidak putus akhirnya Tuhan mengubah hidupnya jabatan kerja dikantornya dia dapat kan tp setelah memiliki jabatan yang tinggi akhirnya perkerjaan lah yg nomor satu dalam hidupnya sehingga seakan2 tuhan di nomor duakan, padahal berkat kan datangnya darintuhan, qta adalah manusia yg terbatas, dan sampai akhirnya karna sesuatu hal dia terjjerumus kedalam masalah hutang yang makin hari makin membengkak sampai akhirnya karna dia tidak bisa membayar hutangnya dia di rumahkan oleh tempat dia bekerja,setiap hari dia mengeluh dan mengeluh bukannya ada berkat malahan masalah makin datang silih berganti, aq bingung karna setiap aq berusaha untuk meyakinkan dia bahwa Tuhan yesus sanggup menolong dia Tuhan yesus sanggup untuk mengubah segala nya tp jawabannya malah aq dikatain sok. Suci lah sok kudus lah, ya tuhan koq masih ada ya orng seperti ini, bagaimana ya kalau harus menghadapi manusia seperti ini, emosinya jd tidak stabil terkadang bisa baik dan terkadang bisa menjadi aneh, terkadang aq kasiaan dan hanya bisa mendoakan saja supaya dia bisa berubah dan bertobat banyak berdoa supaya tuhan mengubah hidupnya Amin

    ReplyDelete
  34. Trima kasih
    Artikel yg sangat membangun dan dpt mengubah kami dalam hal sabar...

    ReplyDelete
  35. Terima kasih.
    Artikel yg baik yg dapat kita pakai dalam dunia kerja, smoga kita sabar dalam menghadapi setiap hal yg menurut pandangan kita itu keliru .

    ReplyDelete
  36. Renungan yg buat saya untuk trus berintropeksi dan selalu sabar gbu

    ReplyDelete
  37. Terima kasih untuk renungan firman Tuhan yang memberkati ini.Membuat kita mengingat bahwa kesabaran itu penting....

    ReplyDelete