Wednesday, March 14, 2012

JANGAN RAGUKAN JANJI TUHAN

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 14 Maret 2012 -

Baca:  Mazmur 119:137-144 

"Janji-Mu sangat teruji, dan hamba-Mu mencintainya."  Mazmur 119:140

Sebagai manusia adalah mudah bagi kita untuk berjanji, namun untuk menepati janji itu tidaklah gampang, bahkan seringkali meleset.  Banyak orang kecewa karena orang yang diharapkan ternyata telah ingkar janji.  Seorang pemuda berjanji hendak menikahi seorang gadis, ternyata janji itu tidak ia tepati, ia malah berpaling ke lain hati dan meninggalkan gadis itu.  Janji manusia seringkali berujung pada kekecewaan, padahal pepatah dunia mengatakan bahwa janji adalah utang, sebab itu bayarlah janjimu supaya jangan berutang.

     Bagaimana dengan Tuhan kalau Dia berjanji?  Alkitab menyatakan bahwa  "Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya,"  (2 Petrus 3:9a) dan  "Janji Tuhan adalah janji yang murni, bagaikan perak yang teruji, tujuh kali dimurnikan dalam dapur peleburan di tanah."  (Mazmur 12:7).  Karena itu jangan pernah ragu akan janji Tuhan.  Ketika berada dalam pergumulan yang berat jangan pernah putus pengharapan.  Pandanglah Tuhan Yesus dan pegang janji firmanNya.  Jangan melihat kepada berapa besar persoalan yang kita alami, tetapi lihat dengan mata iman betapa besar kuasa dan kemampuan Tuhan kita karena kuasaNya sungguh tak terbatas untuk menolong umatNya.

     Kalau pergumulan doa kita belum juga beroleh jawaban, jangan kecewa!  Sebaliknya tetap nanti-nantikan Tuhan dan praktekkan firmanNya.  Salah satu cara:  carilah ayat-ayat dalam Alkitab yang berkenaan dengan masalah yang kita alami, lalu berdoalah sesuai dengan janji Tuhan.  Saat kita sedang bergumul dalam masalah ekonomi, pegang ayat ini:  "Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya dalam Kristus Yesus."  (Filipi 4:19)  dan perkatakan itu dengan penuh iman.  Ketika kita sedang diliputi oleh rasa takut katakan pada hatimu,  "Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekeaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku;  gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku."  (Mazmur 23:4).  Ketika kita sedang bergumul dengan sakit-penyakit pegang janji firman Tuhan ini:  "Oleh bilur-bilur-Nya kamu telah sembuh."  (1 Petrus 2:24b).  Kuasa firman Tuhan itu amat dahsyat dan kekuatan janji firmanNya sangat teruji.  Oleh sebab itu peganglah teguh janji firman Tuhan, sediakan waktu untuk belajar dan merenungkan firmanNya karena Tuhan ada di balik setiap kata dari firmanNya.

Tuhan berkata,  "...sebab Aku siap sedia untuk melaksanakan firman-Ku."  (Yeremia 1:12)

14 comments:

  1. Shalom,
    Memang betul janji Tuhan itu Murni tetapi ada banyak syarat yang kita harus penuhi agar janji-janji Tuhan itu terwujud dalam hidup kita.

    ReplyDelete
  2. sebelum janji Tuhan datang pada kita , kita harus melewati pergumulan2 terlebih dahulu..........

    ReplyDelete
  3. Apa yg tertulis dalam Alkitab, segala janji Tuhan itu benar, nyata, bila kau menjalani perintahNya. Cobalah...suatu saat kau akan mengatakan Iya Tuhan itu benar, ada walaupun tak tampak tapi NYATA.

    ReplyDelete
  4. Aku Percaya janji Tuhan Yesus

    ReplyDelete
  5. Aku Percaya akan Janji Tuhan.. YA dan AMIN

    ReplyDelete
  6. Ku percaya akan janjimu Tuhan,kerana engkaulah Tuhanku untuk seumur hidupku..

    ReplyDelete
  7. amin,,,,,JANJI TUHAN SANGAT TERBUKTI

    ReplyDelete
  8. amin.saya percaya janji FirmanNya tak pernah terlambat menolongku.

    ReplyDelete
  9. terimakasih Tuhan aku saat ini sdg menjalani pergumulan .. sdh hamper 1thn dan aku yakin Tuhan akan memberikan Janjinya dan Harapan yang indah pada waktunya ..... Praise The Lord Jesus My Savior ...

    ReplyDelete
  10. Janji tuhan tu nyata tp kt harus dengar ferman nya aku sangat percaya

    ReplyDelete
  11. Artikel ini menguatkan ak yg sedang bergumul dgn byk masalah. Ak berharap dikuatkan dan bs menghadapi dengan tetap setia pada Tuhan. Ak pegang janjiNya dan percaya janjiNya digenapi indah pada waktuNya. Amin

    ReplyDelete
  12. Janji tuhan sungguh nyata di hidup saya.

    ReplyDelete