Friday, January 6, 2012

TUHAN YANG MEMBERI KEMENANGAN

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 6 Januari 2012 - 

Baca:  Ulangan 20:1-20

"Dengarlah, hai orang Israel! Kamu sekarang menghadapi pertempuran melawan musuhmu; janganlah lemah hatimu, janganlah takut, janganlah gentar dan janganlah gemetar karena mereka,"  Ulangan 20:3

Perjaanan hidup orang percaya yang walaupun berada dalam penyertaan dan pimpinan Tuhan bukanah mulus tanpa hambatan;  justru sebaliknya kita akan menghadapi tantangan dan peperangan yang tidak mudah, bahkan jauh lebih besar.  Tertulis:  "Apabila engkau keluar berperang melawan musuhmu, dan engkau melihat kuda dan kereta, yakni tentara yang lebih banyak dari padamu,..."  (Ulangan 20:1).

     Mengapa Tuhan ijinkan hal itu terjadi di dalam kehidupan kita?  Karena di balik itu semua Tuhan punya rencana di mana Dia akan memberikan kemenangan yang besar bagi kita.  Jadi sesungguhnya rancangan Tuhan atas kita bukan sekedar menyediakan berkat-berkatNya, tetapi Ia juga menghendaki agar kita dapat melihat dan mengalami kemenangan atas permasalahan sebesar apa pun.  Perlu dipahami bahwa kemenangan yang gilang-gemilang adalah rancangan Tuhan bagi kehidupan orang percaya:  "Tuhan Allahmu ada di antaramu sebagai pahlawan yang memberi kemenangan.  Ia bergirang karena engkau dengan sukacita, Ia membaharui engkau dalam kasih-Nya, Ia bersorak-sorak karena engkau dengan sorak-sorai,"  (Zefanya 3:17).

     Mengapa masih banyak anak Tuhan yang belum mengalami kemenangan yang sesungguhnya?  Ada hal-hal yang seringkali menjadi penghambat kemenangan kita, salah satunya adalah ketidaksabaran kita menantikan Tuhan.  Ketidaksabaran membuat seseorang menyerah di tengah jalan, tidak lagi bertekun dan menjadi tawar hati.  Yakobus menasihati,  "...petani menantikan hasil yang berharga dari tanahnya dan ia sabar sampai telah turun hujan musim gugur dan hujan musim semi.  Kamu juga harus bersabar dan harus meneguhkan hatimu,"  (Yakobus 5:7b-8).  Waktu kita bukanlah waktu Tuhan;  Dia tahu yang terbaik dan pertolonganNya tidak pernah terlambat.  Hal lain adalah karena kita tidak mau membayar harga!  Di setiap peperangan selalu ada pengorbanan dan juga air mata.  Sudahkah kita berkorban waktu, tenaga dan memberi yang terbaik untuk Tuhan?

Seberat apa pun masalah yang kita hadapi, janganlah takut,  "sebab Tuhan, Allahmu, Dialah yang berjalan menyertai kamu untuk berperang bagimu melawan musuhmu, dengan maksud memberikan kemenangan kepadamu"  Ulangan 20:4

1 comment:

  1. Haleluya!!!!..... Puji TUHAN!!!.... "Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah." - ( Roma 8:28 )... GBU always!!!..

    ReplyDelete