Thursday, September 22, 2011

ISTERI BIJAK DAN PRIORITASNYA

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi  22 September 2011 -

Baca:  Amsal 31:10-31

"Ia berbuat baik kepada suaminya dan tidak berbuat jahat sepanjang umurnya."  Amsal 31:12

Di zaman sekarang ini banyak wanita Kristen  (isteri)  yang tidak hanya menjalankan perannya sebagai ibu rumah tangga murni  (mengurus suami, anak dan rumah tangga), tetapi mampu berperan juga dalam pekerjaan  (karir).  Akibatnya tidak sedikit para isteri yang mengeluh karena lelah fisik dan emosi.  Inilah saatnya bagi wanita untuk mengoreksi kembali komitmen dan tanggung jawabnya sesuai dengan firman Tuhan, yaitu melaksanakan perannya sebagai wanita sesuai yang direncanakan Tuhan.  Di dalam Amsal 31:10-31 terangkum hal-hal yang harus dipahami oleh para wanita berkenaan dengan tugas dan tanggung jawabnya:  mengurus suami, anak, rumah tangga dan juga karir di luar rumah.

     Seorang wanita  (isteri)  yang bijak adalah wanita yang dapat menyeimbangkan segala sesuatu yang menjadi tanggung jawab utamanya, yaitu antara suami, anak, rumah tangga dan juga diri sendiri.  Sementara komitmen lainnya, seperti berkarir di luar rumah, adalah hal kedua yang memang penting, tapi hanya sebagai pelengkap saja.  Ada pun tugas utamanya terangkum dalam ayat ini:  "Ia berbuat baik kepada suaminya dan tidak berbuat jahat sepanjang umurnya."  Artinya hidupnya harus dicurahkan untuk berbuat baik kepada suaminya;  ia harus memahami tujuan utama Tuhan menciptakan dia yaitu sebagai penolong bagi laki-laki.  Tertulis:  "Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja.  Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia."  (Kejadian 2:18).

     Menjadi penolong bagi laki-laki tidak membuat wanita berada di posisi lebih rendah;  justru seorang wanita yang bisa menjadi penolong bagi laki-laki disebut Alkitab sebagai seorang isteri yang cakap, kemuliaan laki-laki dan juga mahkota bagi suaminya.  Menjadi penolong bagi suami artinya senantiasa membantu, mendukung dan menguatkan suami dalam semua aspek kehidupannya  (jasmani dan rohani).  Memang hal itu tidak mudah, apalagi bila para wanita sudah mengenal suami dengan segala kelemahannya.  Salah satu langkah terbaik untuk mendukung suami dan berbuat baik kepadanya adalah dengan cara menghormatinya dan senantiasa berdoa untuk dia.

Berdoa untuk suami adalah sangat penting, supaya melalui kuasa Roh KudusNya Tuhan membentuk dan menjadikan suami kita sebagai sosok pribadi yang berkenan kepada Tuhan.  

Catatan: 
"Hai isteri-isteri, tunduklah kepada suamimu, sebagaimana seharusnya di dalam Tuhan. Hai suami-suami, kasihilah isterimu dan janganlah berlaku kasar terhadap dia. Hai anak-anak, taatilah orang tuamu dalam segala hal, karena itulah yang indah di dalam Tuhan. Hai bapa-bapa, janganlah sakiti hati anakmu, supaya jangan tawar hatinya."  Kolose 3:18-21

16 comments:

  1. trimakasih , artikel ini menyegarkan kembali. Jbu

    ReplyDelete
  2. Tuhan yang menjaga rumah tanggaku.. amin

    ReplyDelete
  3. Terimakasih... Tuhan Yesus Memberkati kita...amin

    ReplyDelete
  4. Sangat menginspirasi, mengingatkan kita sebagai istri dan ibu yang baik. Amin

    ReplyDelete
  5. Terima kasih untuk berita injilnya. Saya mendapatkan berkat pada hari ini. Sukses selalu untuk renungan wanita....

    ReplyDelete
  6. Trimah kasih untuk renungannya.akan slalu di ingat.

    ReplyDelete
  7. Menjadi penolong yg sepadan ..
    Thanksgiving,..

    ReplyDelete
  8. Terima ksih. Tuhan memberkati πŸ™. Sy istri yg sangat malas d rumah tp rajin dlm urusan karir. Tapi sy dlm proses mendorong diri agar bs mnjadi istri yg rajin dlm rumah tangga.

    ReplyDelete
  9. Tuhan jadikan aku,anakku menjadi wanita yang seturut dg firmanMu
    Kami manusia lemah mampukan kami dg pertolongan Roh Kudus amin

    ReplyDelete
  10. Amin..Saya sangat diberkati dngn renungan ini..

    ReplyDelete
  11. Terimakasih Firman Tuhan yg sangat memberkati bagi rumah tangga Kristen yg sejati...Amin terpujilah nama Tuhan

    ReplyDelete