Thursday, March 17, 2011

PENGHARAPAN DI DALAM TUHAN: Pasti dan Tidak Mengecewakan!

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 17 Maret 2011 -

Baca:  Roma 8:18-25

"Tetapi jika kita mengharapkan apa yang tidak kita lihat, kita menantikannya dengan tekun."  Roma 8:25

Banyak orang tidak dapat menerima keadaan yang tidak menyenangkan dalam hidupnya.  Mereka mulai mengomel, memberontak dan menyalahkan Tuhan atas apa yang dialami.  Hal ini berlanjut pada tindakan dan tekad keluar dari permasalahan yang ada, apa pun caranya, tidak peduli apakah jalan yang ditempuhnya nanti berujung pada kesia-siaan, seperti tertulis:  "Ada jalan yang disangka orang lurus, tetapi ujungnya menuju maut."  (Amsal 14:12).  Mereka mengira bahwa jalan yang ditempuhnya itu sudah benar dan pasti akan memberikan jalan keluar.  Alkitab menegaskan,  "Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, yang mengandalkan kekuatannya sendiri, dan yang hatinya menjauh dari pada Tuhan!"  (Yeremia 17:5).  Sekuat dan sehebat apa pun manusia, kemampuan dan kekuatannya ada batasnya.  Tapi jika kita mau menyikapi setiap permasalahan yang ada dengan tetap berharap pada kuasa Tuhan, tidak ada yang perlu diragukan lagi seperti pengakuan Daud,  "Pertolonganku ialah dari Tuhan, yang menjadikan langit dan bumi."  (Mazmur 121:2).

     Penderitaan dan hal-hal yang tidak mengenakkan diibaratkan orang yang sedang sakit bersalin dan menantikan bayinya segera lahir;  harus ada perjuangan dan ketekunan dalam menanti sesuatu yang kita harapkan itu, sebab jika kita tekun iman kita akan kuat dan tidak mudah diombang-ambingkan oleh keadaan apa pun, sehingga pengharapan kita di dalam Tuhan tidak mengecewakan.  Seringkali ketika pergumulan terasa berat dan sepertinya tidak ada jalan keluar kita mulai membuat perhitungan dengan Tuhan.  Kita berkata,  "Aku sudah mengikut Tuhan selama bertahun-tahun;  aku sudah terlibat dalam pelayanan dan banyak berkorban harta untuk membantu pekerjaan Tuhan, tapi mengapa Tuhan seakan tidak adil padaku?"

     Setiap kita pasti selalu berharap bahwa perjalanan hidup kita baik-baik saja tanpa hambatan yang merintangi.  Demikian pun Tuhan selalu ingin kita menjadi kuat seperti rajawali, yang meskipun harus melewati badai tetap mampu terbang tinggi.

Tuhan tidak pernah membiarkan kita bergumul seorang diri, Dia sangat peduli dan sanggup memberikan pengharapan yang pasti dan tidak pernah mengecewakan!

22 comments:

  1. Halleluya, sangat memberkati saya

    ReplyDelete
  2. Puji tuhan.... Dengan ini saya bisa semakin tumbuh dalam pengharapan dan pergumulan

    ReplyDelete
  3. Amin,firman tuhan pasti di genapi jika kita tetap menyerahkan seluruh hidup kita,dia lebih tahu apa yg kita butuhkan dan harapkan tuhan yesus kita sangat baik percayalah dia pasti memberikan pengharapan yg pasti indah pd waktunya,Amin

    ReplyDelete
  4. Puji Tuhan semakin menguatkan pergumulan dan pengharapan saya akan kerinduan hati kami untuk memiliki anak. Semoga Tuhan berkenan menjawabnya.. aminn

    ReplyDelete
  5. Puji Tuhan, Firman Tuhan yg selalu mengingatkan kita ttg janji Tuhan yg begitu Indah dan Nyata adanyaπŸ™πŸ˜‡

    ReplyDelete
  6. Puji Tuhan,saya merasa diberkati denga renungan ini

    ReplyDelete
  7. Thanks buat firman Tuhanya Mohon izin utk Referensi bahan khotbah buat Jemaat Gbu al

    ReplyDelete
  8. Amin,,, puji Tuhan Yesus πŸ™
    Pengharapanku hanya Yesus saja... πŸ˜‡

    ReplyDelete
  9. Amin. Tuhan kita adalah pribadi yg Pasti dan Setia. Dia Pasti dan Selalu ada buat kita yg berharap dan memohon pertolongannya. GBu.

    ReplyDelete
  10. Terimakasih Tuhan Yesus Buat Penyertaan Mu Dalam Hidup kuπŸ™πŸ™

    ReplyDelete
  11. amin, Tuhan Memberkati dlm pelayananNya.

    ReplyDelete