Friday, July 10, 2009

Strategi Pelayanan Yesus

- Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 10 Juli 2009 -


"Ketika hari siang, Ia memanggil murid-murid-Nya kepada-Nya, lalu memilih dari antara mereka dua belas orang, yang disebut-Nya rasul:" Lukas 6:13

Pelayanan Yesus di bumi dimulai saat Ia untuk pertama kalinya memanggil beberapa orang untuk dijadikan murid. PerhatianNya bukan kepada cara bagaimana mendekati orang banyak, tetapi terfokus kepada beberapa orang itu, di mana Ia membentuk dan memproses mereka sehingga dari orang-orang pilihan ini dapat dijangkau jiwa-jiwa yang lebih banyak lagi. Inilah strategi Yesus sebelum Ia berkeliling memberitakan Injil.
Setelah memanggil murid-muridNya Yesus juga tinggal bersama-sama mereka dan memberikan kesempatan kepada mereka mengikuti Dia ke mana pun Ia pergi. Dalam hal ini Yesus membangun persekutuan yang karib dengan murid-muridNya, dan melalui teladan hidup yang Ia tunjukkan Ia menghendaki supaya murid-muridNya menaati Dia. Dengan bersekutu langsung dengan Sang Guru, para muridNya dapat mengetahui rahasia-rahasia Kerajaan Allah sebelum hal itu diajarkan, seperti tercatat demikian : "Kepadamu diberi karunia untuk mengetahui rahasia Kerajaan Allah, tetapi kepada orang-orang lain hal itu diberitakan dalam perumpamaan, supaya sekalipun memandang, mereka tidak melihat dan sekalipun mendengar, mereka tidak mengerti." (Lukas 8:10)
Ada pun tujuan Tuhan Yesus dekat dengan murid-muridNya adalah agar mereka dapat bersaksi tentang kehidupanNya serta melanjutkan pekerjaanNya sesudah Dia kembali kepada Bapa nantinya. Orang-orang yang dipilih Yesus bukanlah orang-orang yang menurut dunia dikatakan kau cerdik pandai atau orang-orang yang terkenal dan disegani; mereka hanyalah "...orang biasa yang tidak terpelajar" (Kisah 4:13), tetapi memiliki kerinduan yang besar terhadap Allah, mau diajar dan dibentuk oleh Tuhan Yesus. Itulah sebabnya Dia mencurahkan sebagian besar dari sisa hidupNya saat di bumi untuk murid-murid pilihanNya itu; Dia mempersiapkan mereka supaya kelak dapat memimpin orang banyak, yang Dia gambarkan seperti domba-domba yang terlantar dan tidak mempunyai gembala (baca Matius 9:36). Inilah yang menjadi tugas dan tanggung jawab para muridNya yaitu menggembalakan orang banyak itu, karena domba-domba yang tersesat itu sangat rawan dan mudah disesatkan oleh rupa-rupa angin pengajaran.

Dalam memuridkan, Tuhan Yeus terlebih dahulu memberi teladan hidup!

No comments:

Post a Comment