Friday, December 11, 2020

TIADA HARI TANPA BERJUANG!

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 11 Desember 2020

Baca:  Ayub 7:1-21

"Bukankah manusia harus bergumul di bumi, dan hari-harinya seperti hari-hari orang upahan?"  Ayub 7:1

Semua orang mengakui bahwa menjalani hidup di dunia ini membutuhkan perjuangan yang tak mudah, terlebih-lebih ketika COVID-19 yang disebabkan oleh virus Corona sudah dinyatakan sebagai pandemi:  suatu penyakit baru yang menyebar ke seluruh dunia.  Pandemi ini benar-benar telah meluluhlantakkan tatanan segala bidang kehidupan manusia.  Semua orang menjerit dan frustasi, terkena dampaknya!

     Hari-hari manusia benar-benar diperhadapkan dengan pergumulan yang berat setiap saat setiap waktu.  Selain harus bergumul melawan permasalahan hidupnya  (bersifat jasmani), manusia juga harus bergumul melawan dosa  (bersifat rohani).  Firman Tuhan mengajarkan kita untuk tidak hanya fokus kepada permasalahan-permasalahan di dunia ini, dipusingkan dengan masalah-masalah hidup di dunia yang sifatnya hanya sementara.  Tapi ada hal yang lebih penting yang harus menjadi perhatian dan prioritas hidup kita yaitu perjuangan rohani:  berjuang melawan dosa, berjuang mengerjakan keselamatan yang telah kita terima  (Filipi 2:12)  dan berjuang mempertahankan iman kita sampai akhir.  "Saudara-saudaraku yang kekasih, sementara aku bersungguh-sungguh berusaha menulis kepada kamu tentang keselamatan kita bersama, aku merasa terdorong untuk menulis ini kepada kamu dan menasihati kamu, supaya kamu tetap berjuang untuk mempertahankan iman yang telah disampaikan kepada orang-orang kudus."  (Yudas 1:3).  Perjuangan rohani inilah yang akan menentukan bagian kehidupan kita di masa depan.  Kemenangan dan keberhasilan hidup kita dalam perkara-perkara lahiriah adalah dampak dari perjuangan rohani!  Contohlah Daniel yang memiliki roh yang luar biasa!  Pergumulan hidup yang dialami Daniel tidaklah mudah karena ia harus menghadapi berbagai tekanan.  Dalam situasi ini Daniel terus membangun iman, tapi tak menyurutkan semangatnya untuk bersekutu dengan Tuhan:  3x sehari ia berlutut, berdoa dan memuji Tuhan  (Daniel 6:11).

     Tetap membangun persekutuan dengan Tuhan menjadi kunci kekuatan hidup Daniel sehingga ia mampu bertahan di tengah kesukaran.

Kemenangan dalam perjuangan rohani menjadi kunci kemenangan dalam menghadapi pergumulan hidup!

33 comments:

  1. Amin,Puji Tuhan,terima kasih Tuhan Yesus untuk firmanNya Bapa,Bapa tutup bungkus anak,suami dan saya dan seluruh orang kudusMu Bapa dengan kuat kuasa darah YesusMu,Bapa bentengi kami dan seluruh keluarga kami dengan perisai pagar tembokMu didepan,dibelakang,di atas kepala kami,di bawah kaki kami,di kanan dan di kiri kami di setiap kami melangkah ada perkenan Tuhan Yesus dalam hidup kami,ampuni segala kesalahan saya Bapa,luputkan kami dari segala perbuatan kuasa kegelapan Bapa,tingkatkan Iman dan Kasih didalam kehidupan kami Bapa,peliharalah Bait KudusMu Bapa yaitu Tubuh kami sendiri Bapa dan semua orang kudusMu agar kami tetap memelihara minyak dan anggur Bapa,ajarlah kami untuk dapat mengenal FirmanMu dan dapat melakukanNya,jauhkan kami dari roh sakit penyakit,roh kekerasan,roh perpecah belah,roh murtad,kenakan perisai Iman dalam kehidupan kami Bapa,terima kasih Tuhan Yesus,haleluya,amin

    ReplyDelete
  2. Selama manusia hidup didalam dunia semuanya tak pernah luput dari kesukaran tapi hanya satu yang kupercaya bahwa Tuhan tidak pernah membiarkan anak2Nya. Disetiap masalah selalu ada jalan keluar meski tak selalu menyenangkan tetapi pertolongan Tuhan tidak pernah terlambat... Inilah yang dapat saya saksikan dan terlalu banyak mujizat yg Tuhan beri sampai hari ini... Berpegang teguh pada Tuhan inilah yang menjadi kekuatanku dan seluruh keluargaku... Terima kasih Tuhan berkat firmanMu menjadi rhema bagiku dan seisi keluargaku... Kami berdoa dan bersyukur... Haleluya... Amin.

    ReplyDelete
  3. Tetap membangun persekutuan dengan Tuhan menjadi kunci kekuatan hidup kita agar mampu bertahan di tengah kesukaran hidup di dunia yg fana ini.

    ReplyDelete
  4. Praise God in every situation for His goodness endures forever

    ReplyDelete
  5. Tuhan selalu memberikan yg terbaik pada kita yaitu FirmanNya. Puji Tuhan buat kebaikan Tugan kpd kita anak2Nya Tuhan Yesus selalu menguatkan hidup kita dlm firmanNya. Oleh karena itu kita banyak belajar dari firmanNya seperti Daniel yg mengajar kita 3x doa setiap hari sehingga Daniel menjadi kuat dlm hidupnya. Kuat dlm menghadapi tantangan hidupnya. Kiranya kita jg demikian belajar dari Daniel.

    ReplyDelete
  6. Amin puji Tuhan Terimakasih bapak atas firman mu hari ini bapak ampunilah segala dosa ku ini πŸ™

    ReplyDelete
  7. Amin puji Tuhan. Kita memang harus terus berjuang untuk meneguhkan iman kita kepada-Nya. Karena iblis dan setan terus berjalan berkeliling, seperti singa yang siap menerkam mangsanya.Marilah kita hidup sesuai dengan firman Tuhan dan berupaya senantiasa takut akan Tuhan dan tetap beribadah kepada-Nya. Hendaklah kits tetap teguh berdiri dalam satu Roh yaitu Roh kebenaran. Jangan gentar oleh pengaruh iblis dan setan yang selalu berupaya menggoda kita untuk berbuat dosa.(Filipi 1:27-30).

    ReplyDelete