Thursday, December 10, 2020

SIKAP DALAM MENANTIKAN KEDATANGAN TUHAN

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 10 Desember 2020

Baca:  Yakobus 5:7-11

"Karena itu, saudara-saudara, bersabarlah sampai kepada kedatangan Tuhan!"  Yakobus 5:7a

Sejak dulu sering timbul pertanyaan di antara orang Kristen,  'Kapankah zaman ini akan berakhir?  Kapan Tuhan Yesus akan datang kedua kalinya?'  Seiring berjalannya waktu banyak di antara kita yang tak lagi mempertanyakan hal ini, tak ambil pusing.  Akhirnya kita terlena dan tertidur rohani seperti lima gadis yang bodoh  (Matius 25:1-13).  Yakobus menasihati kita untuk menantikan kedatangan Tuhan dengan penuh kesabaran.  Kesabaran berbicara tentang daya tahan seseorang dalam menghadapi situasi apa pun, semangat yang tidak mudah patah.  Jika kita peka menilai keadaan zaman ini sesungguhnya dunia ini sedang menuju kepada kesudahannya.

     Kita diingatkan untuk memiliki buah Roh, salah satunya adalah kesabaran  (daya tahan).  Kalau kita tak punya kesabaran kita takkan mampu mencapai garis akhir, apalagi di masa-masa mejelang kedatangan Tuhan kita akan menghadapi banyak kesukaran.  Tetaplah arahkan pandangan mata kita kepada Tuhan, jangan menyangka kedatangan Tuhan masih lama!  "...hari Tuhan datang seperti pencuri pada malam."  (1 Tesalonika 5:2).  1.  Berjaga-jaga selalu.  Seperti seorang hamba yang bekerja di rumah tuannya dan tuannya sedang pergi jauh, hamba itu tidak boleh lengah dan harus tetap giat bekerja sehingga ketika tuannya datang, si tuan mendapati hambanya sedang bekerja.  2.  Bersikap seperti petani.  Petani tahu dan mengerti cuaca atau musim, karena itu ia terus bekerja tanpa mempedulikan hujan atau panas terik, terus mengolah tanahnya dan menabur.  "...ia sabar sampai telah turun hujan musim gugur dan hujan musim semi.  (Yakobus 5:7b).  

     Karena kedatangan Tuhan tak lama lagi, maka kita harus menjaga hidup kita tetap berada dalam kebenaran Tuhan, sehingga ketika waktu yang dinantikan itu tiba kita tidak akan tertinggal.  Jangan sampai kita melupakan perkara-perkara rohani karena disibukkan mengejar harta dan kekayaan dunia ini, padahal semuanya itu akan kita tinggalkan.  Mari kita semakin giat mengumpulkan harta sorgawi.  "...jika seorang tahu bagaimana ia harus berbuat baik, tetapi ia tidak melakukannya, ia berdosa."  (Yakobus 4:17).

Tanda-tanda kedatangan Tuhan semakin tampak jelas, berjaga-jagalah selalu sebab Ia datang pada waktu yang tidak disangka-sangka!

21 comments:

  1. Jangan sampai kita melupakan perkara-perkara rohani karena disibukkan mengejar harta dan kekayaan dunia ini, padahal semuanya itu akan kita tinggalkan. Mari kita semakin giat mengumpulkan harta sorgawi.

    ReplyDelete
  2. Terpujilah Tuhan sekarang dan selamanya, amien

    ReplyDelete
  3. Amin,Puji Tuhan,terima kasih Tuhan Yesus untuk FirmanNya Bapa,Bapa beri kami buah rohMu Bapa didalam hidup kami dan saya,suami,anak kami dapat melakukanNya,dan menjadi pelaku FirmanMu Bapa,tutup bungkus hidup kami dan seluruh keluarga kami serta orang-orang kudusMu Bapa dengan kuat kuasa darah YesusMu Bapa,ampuni segala dosa dan pelanggaran kami Bapa,terima kasih Tuhan Yesus,haleluya,amin

    ReplyDelete
  4. Terimakasih atas berkat yang sudah Tuhan berikan kepada kami, Tuhan Yesus Memberkati kita semuanya. Amen.πŸ™πŸ™πŸ™

    ReplyDelete
  5. Amin puji Tuhan. Kita harus lebih sung-sungguh memperhatikan dan mempersiapkan hidup kita sekarang sampai kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kali. Hiduplah seakan akan Tuhan Yesus datang besok. Kita harus sering membaca dan merenungkan firman Tuhan setiap hari supaya kita mengerti kebenaran dan tidak disesatkan dengan rupa-rupa pengajaran yang menyesatkan, karena firman Tuhan adalah terang dan pelita hidup kita yang akan menunjukkan jalan agar kita tidak berjalan dalam kegelapan dan tersesat ( Matius 24:24). Kita juga tidak tahu kapan waktunya, ketika hari Tuhan datang, itu sebabnya kita harus selalu berjaga-jaga (Matius 24:42).

    ReplyDelete
  6. Terimakasih Tuhan Yesus... Amen

    ReplyDelete
  7. Amin Terimakasih Tuhan Yesus atas FirmanMu yg sgt menguatkan Terpujilah Tuhan Allahku yg baikπŸ™πŸ™

    ReplyDelete
  8. Tuhan, kuatkanlah kami untuk melakukan sesuai kehendakMu. Amin

    ReplyDelete
  9. Hello from the USA, hope The one over there is doing well. I am a sponsor of two children from your village. I just wanted to say God bless you all and merry Christmas. 😊🌟

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete