Saturday, December 26, 2020

MELEKAT KEPADA TUHAN: Pasti Menghasilkan Buah (1)

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 26 Desember 2020

Baca:  Yohanes 15:1-8

"Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya."  Yohanes 15:5a

Tanaman anggur merupakan tanaman khas yang dimiliki oleh hampir setiap petani di Israel di masa-masa dulu, selain gandum dan tanaman buah-buahan lainnya.  Tuhan menggambarkan umat Israel sebagai pohon anggur pilihan-Nya.  Sayang mereka yang dipelihara Tuhan sedemikian rupa justru mengecewakan hati Tuhan karena tak menghasilkan buah seperti yang Ia harapkan.  "...Aku telah membuat engkau tumbuh sebagai pokok anggur pilihan, sebagai benih yang sungguh murni. Betapa engkau berubah menjadi pohon berbau busuk, pohon anggur liar!"  (Yeremia 2:21).

     Melalui perumpamaan tentang Pokok Anggur ini ada dua hal penting yang menjadi pemelajaran bagi orang percaya:  1.  Persekutuan yang karib dengan Tuhan.  'Ranting'  layaknya harus melekat pada pokok anggur.  Jika tidak, sampai kapan pun ranting tak akan bisa bertumbuh, apalagi berbuah.  Jika ranting tidak berbuah dalam jangka waktu tertentu pastilah akan dipotong.  Ranting yang dipotong tentu akan mengering dan mati karena tidak mendapatkan asupan makanan.  Ranting itu tiada guna lagi, ia akan dibuang dan kemudian dicampakkan ke dalam api, lalu dibakar  (Yohanes 15:6).  Karena itu membangun persekutuan yang karib dengan Tuhan adalah hal mutlak, yang harus ditaati.  "Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri, kalau ia tidak tinggal pada pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah, jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku."  (Yohanes 15:4).

     2.  Menghasilkan buah.  Syarat utama untuk dapat menghasilkan buah adalah melekat pada pokok anggur.  "Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa."  (Yohanes 15:5).  Dibutuhkan kerelaan untuk diproses agar bisa bertumbuh dan berbuah!  "Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya dan setiap ranting yang berbuah, dibersihkan-Nya, supaya ia lebih banyak berbuah."  (Yohanes 15:2).  Ketika kita membuka diri kepada Tuhan dengan mengijinkan Roh Kudus masuk dan tinggal di dalam hidup kita, mau tunduk pada pembentukan-Nya, mau dibersihkan-Nya, maka hidup kita siap untuk menghasilkan buah.  Memang proses itu tidak mudah dan seringkali menyakitkan!

13 comments:

  1. Ya Yesus aku rindu untuk selalu menyatu dengan pokok anggur itu yakni Engkau sendiri yang begitu mengasihani aku dan keluargaku... Engkau lahir, tumbuh dewasa senantiasa dekat dengan Bapa disurga, Biarlah diakhir tahun ini kami sekeluarga lebih berkomitmen untuk bergaul karib dengan Engkau sehingga kami tumbuh dewasa dalam iman kami kepadaMu... Ampuni kami apabila kami ditahun 2020 ini masih banyak bolong bolong bermezbah bagiMu... Jadikan rumah kami ditahun yang baru nanti menjadi rumah mezbah doa kami sekeluarga... Kami buka hati kami dan pintu rumah kami menerima kehadiranMu tinggal dihati dan dirumah kami setiap hari... Tutup bungkus kami dengan kuasa darahMu agar kami dijauhkan dari maksud2 orang jahat yg mengganggu kami dan dari segala musibah dan bahaya. Hanya didalam nama Yesus Sang Juru Selamat kami yang hidup... Haleluya... Amin.

    ReplyDelete
  2. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa. Haleluya.

    ReplyDelete
  3. Melekat pada Tuhan, pasti berbuah, haleluya Amin..

    ReplyDelete
  4. AminπŸ™‡‍♀️πŸ™‡‍♂️ Haleluya puji Tuhan Yesus Kristus sumber berkat, perlindungan dan keselamatan abadi, amin.πŸ‘¨‍πŸ‘©‍πŸ‘§

    ReplyDelete
  5. Already 26th time flies so fast. We all need Jesus.

    ReplyDelete
  6. Hanya melekat pada Tuhan,kita mampu menyangkal diri dan tinggal tetap tenang, mampukan kami Tuhan untuk tetap tinggikan Engkau...

    ReplyDelete