Saturday, December 19, 2020

LADANG SUDAH MENGUNING: Tunaikan Tugasmu!

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 19 Desember 2020

Baca:  Matius 9:35-38

"Karena itu mintalah kepada tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu."  Matius 9:38

Tidak lama lagi Tuhan Yesus akan datang kembali untuk yang kedua kalinya.  Ini berarti penghukuman bagi Iblis dan bala tentaranya, serta para pengikutnya, sudah di ambang pintu.  Tidakkah hati kita tergerak untuk menjangkau orang-orang yang belum diselamatkan?  Ini adalah tugas yang tidak bisa ditunda-tunda lagi.

     Tugas ini membutuhkan pekerja-pekerja dengan kepekaan rohani yang tidak hanya mementingkan keselamatan diri sendiri.  Tanpa punya kepekaan rohani kita tidak akan peka terhadap situasi zaman.  Yesus berkata,  "Bukankah kamu mengatakan: Empat bulan lagi tibalah musim menuai? Tetapi Aku berkata kepadamu: Lihatlah sekelilingmu dan pandanglah ladang-ladang yang sudah menguning dan matang untuk dituai."  (Yohanes 4:35).  Di Israel, para petani menuai hasil ladangnya  (panen)   empat bulan setelah menaburkan benih.  Pernyataan Tuhan  "Lihatlah sekelilingmu..."  (ayat nas)  ini hendaknya mendorong kita memperhatikan dengan teliti atau memandang sekitar kita, apakah ladang-ladang telah menguning dan siap dituai.  Ladang berarti tempat di dekat kita, bukan tempat yang jauh dari jangkauan.  Bisa berarti rumah, tempat kerja, sekolah atau lingkungan tempat kita berada.  Kita seringkali tak menyadari bahwa tempat terdekat adalah ladang penginjilan yang sesungguhnya telah Tuhan siapkan untuk kita berkarya.  "...kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi."  (Kisah 1:8).  Yerusalem berbicara tentang tempat atau lingkungan terdekat terlebih dahulu, barulah kita menjangkau tempat selanjutnya.  "...pandanglah ladang-ladang yang sudah menguning dan matang untuk dituai."  (Yohanes 4:35).  Inilah masa penuaian!

     Selagi pintu kemurahan Tuhan masih terbuka marilah berlomba-lomba menjangkau jiwa-jiwa bagi-Nya.  "Pada waktu Aku berkenan, Aku akan mendengarkan engkau, dan pada hari Aku menyelamatkan, Aku akan menolong engkau."  (2 Korintus 6:2).  Jadi kita harus bekerja sekarang, bukan besok atau minggu depan.  Kesempatan tidak datang dua kali!

Tidak seorang pun tahu batas umurnya, karena itu tunaikan tugas Saudara sekarang juga, jangan banyak dalih.

16 comments:

  1. Amin,Puji Tuhan,terima kasih Tuhan Yesus untuk firmanNya,Bapa bimbing kami dengan firmanMu dan kami dapat melakukannya,dan menjadi pelaku firmanMu Bapa,ampuni segala kesalahan dan dosa saya,tutup bungkus dengan kuat kuasa darah YesusMu Bapa untuk anak,suami,saya,keluarga kami dan orang-orang kudusMu Bapa,beri kami roh yang melayaniMu Bapa,terima kasih Tuhan Yesus,haleluya,amin

    ReplyDelete
  2. Aku rindu menjadi berkat dimanapun aku berada... Ladang ada disekitar kita banyak yang sudah menguning dan siap dituai... Ya Tuhan berilah hikmatMu pada saya untuk dapat menjangkau jiwa2 yang belum mengenal Engkau terutama ditempat saya bekerja di Qatar... Engkau punya banyak cara untuk mengubah hati setiap orang sekeras apapun dia... Kupercaya mujizatMu tidak pernah berakhir didalam nama Yesus... Haleluya...
    Amin.

    ReplyDelete
  3. Amen, Amen, Amen, Tuhan Yesus Kristus memberkati kita semua.🙏🙏🙏

    ReplyDelete
  4. Selagi pintu kemurahan Tuhan masih terbuka marilah berlomba-lomba menjangkau jiwa-jiwa bagi-Nya. Pada waktu Aku berkenan, Aku akan mendengarkan engkau, dan pada hari Aku menyelamatkan, Aku akan menolong engkau. Haleluya.

    ReplyDelete
  5. Hidup ini adalah kesempatan, jadilah berkat di mana kita berada, banyak jiwa boleh di menangkan & di selamatkan, haleluya Amin..

    ReplyDelete
  6. Amin puji Tuhan. Ladang dikatakan Yesus adalah dunia (Matius 13:38).Ladang merupakan tempat dimana Tuhan menaruh atau menyembunyikan harta terpendam bagi kita yaitu kerajaan sorga. Ladang merupakan tempat dimana berkat atau anugerah Allah dipemdam,disembunyikan untuk ditemukan oleh siapa saja (Matius 13:44). Tuhan tidak menyimpan harta terpendam itu didalam rumah atau gudang tetapi diladang.Karenanya diladang adalah tempat kita untuk melayani Tuhan.Hanya diladang saja kita dapat menemukan berkat Tuhan, harta terpendam Tuhan. Dalam Yohanes 4:35 dikatakan "Lihatlah ladang sudah menguning". Mulailah berdoa dan melangkahlah dengan iman, kapan saja dan dimana saja bersiap sedialah untuk menuai, jangan malu untuk Kristus dihadapan orang, sebab Ia berkenan kepada hambanNya yang memberitakan ijil.

    ReplyDelete