Monday, December 7, 2020

KRISTEN SEJATI: Menyukai Firman Tuhan!

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 7 Desember 2020

Baca:  Mazmur 119:169-176

"Aku rindu kepada keselamatan dari pada-Mu, ya TUHAN, dan Taurat-Mu menjadi kesukaanku."  Mazmur 119:174

Semua orang pasti punya aktivitas yang menjadi kesukaan atau kegemaran.  Orang yang memiliki kesukaan atau kegemaran terhadap sesuatu, sesibuk apa pun pasti berusaha menyediakan waktunya untuk mengerjakan apa yang menjadikan kesukaannya tersebut.  Dari pembacaan firman hari ini kita belajar dari orang yang memiliki kesukaan atau kegemaran yang berbeda dari orang-orang kebanyakan.  Dia adalah Daud!  Dalam mazmurnya Daud berkata,  "Aku ditimpa kesesakan dan kesusahan, tetapi perintah-perintah-Mu menjadi kesukaanku."  (Mazmur 119:143).  Dalam masalah sekalipun tak menyurutkan gairah Daud untuk menjadikan firman Tuhan sebagai kesukaannya.

     Setiap orang percaya haruslah meneladani Daud yang menjadikan firman Tuhan sebagai kegemaran atau kesukaan dalam hidupnya.  Namun seringkali terjadi banyak orang Kristen justru tidak menyukai firman Tuhan.  Mereka enggan menyediakan waktu membaca firman Tuhan dan merenungkannya, karena dianggap sangat membosankan dan menjenuhkan.  Tetapi begitu tertimpa masalah barulah mereka getol membaca Alkitab, mencari ayat-ayat yang cocok dengan situasi yang dialami.  Perhatikan!  Firman Tuhan adalah kebutuhan utama orang percaya!  Sebab kita hidup bukan dari roti saja, tapi dari setiap firman Tuhan  (Matius 4:4), dan kita takkan mengalami penggenapan janji-janji Tuhan jika kita tak mau tekun membaca, merenungkan dan melakukan firman-Nya.  Pemazmur menyatakan semakin kita bergaul karib dengan firman Tuhan, semakin kita pahami apa kehendak Tuhan, karena di dalam firman-Nya sudah dinyatakan dengan jelas.

     Inilah kehendak Tuhan bagi orang percaya:  hidup berkemenangan, diberkati, hidup semakin serupa dengan Kristus.  Semakin kita menjadikan firman Tuhan sebagai kesukaan dan kegemaran, maka kuasa firman-Nya bekerja di dalam kita:  hidup kita diubahkan.  Walau ada masalah dan tantangan,  "Biarlah bibirku mengucapkan puji-pujian, sebab Engkau mengajarkan ketetapan-ketetapan-Mu kepadaku."  (Mazmur 119:171), sebab selalu ada pertolongan di dalam Tuhan.

"Sekiranya Taurat-Mu tidak menjadi kegemaranku, maka aku telah binasa dalam sengsaraku."  Mazmur 119:92

26 comments:

  1. Intinya adalah kemauan,kalau kita mau belajar pasti bisa. Luar biasa kalau kita bisa belajar seperti Daud, amin GBU

    ReplyDelete
  2. Amen, Amen, Amen, Tuhan Yesus Memberkati kita semua.πŸ™πŸ™πŸ™

    ReplyDelete
  3. Firman Tuhan adalah kebutuhan utama orang percaya! Sebab kita hidup bukan dari roti saja, tapi dari setiap firman Tuhan.

    ReplyDelete
  4. Amin,terima kasih Tuhan Yesus untuk firmanNya,Bapa ampuni segala dosa dan kesalahan saya Bapa,Bapa didalam kesesakan,firmanMu yang menolong saya,Bapa terima kasih atas kebaikanMu,tutup bungkus keluarga kami dengan kuat kuasa darah YesusMu,Bapa ajarkan kami untuk mengerti FirmanMu dan dapat melakukannya didalam kehidupan kami dan seluruh keluarga kami dan orang-orang kudusMu,terima kasih Tuhan Yesus,haleluya,amin

    ReplyDelete
  5. Amin Tuhan Berkati πŸ™πŸ™

    ReplyDelete
  6. FirmanMu Tuhan adalah pelita bagi hidup kami... jadikalah kami gemar membaca firman Tuhan dan mempraktekkan dalam kehidupan kita sehari hari, berdoa minta Roh kudus pimpin hidup kami sehingga teladan bergaul akrab dengan Tuhan menjadi motivasi dalam kehidupan kami sehari hari... Terima kasih Bapa kami berdoa dan mengucap syukur... Haleluya... Amin.

    ReplyDelete
  7. Amin puji Tuhan Terimakasih bapak atas firman mu hari ini bapak bapak ampunilah segala dosa besar ku bapak ajar kan aku untuk memuji muji Engakau terhadap semua orang dan harapan ku hanya lh ketentuan dari mu bapak hingga sampai akhir waktu Amiiinn πŸ™

    ReplyDelete
  8. Firman Tuhan adalah Pelita bagu jalanku.
    Firman Tuhan di cari bukan saat susah saja.
    Tetapi dalam saat apapun.
    Bahkan saat senangpun kita harus mencari Firman Tuhan

    ReplyDelete
  9. Amin puji Tuhan. Seorang kristen sejati adalah seorang yang telah menempatkan iman dan percayanya kepada Yesus Kristus, bahwa Dia telah mati didalibkan sebagai pembayaran dosa,bangkit kembali pada hari ketiga untuk mendapatkan kemenangan atas kemiskinan dan memberi hidup kekal kepada setiap orang yang percaya kepadaNya.Seorang Kristen sejati sesungguhnya adalah seorang anak Allah,anggota dari keluarga Allah, dan seorang yang telah diberikan hidup baru didalam kristus (Yohanes 1:2).Dan seorang Kristen sejati adalah mengasihi sesama dan taat kepada firman Tuhan (1 Yohanes 2:4,10)

    ReplyDelete
  10. Terimakasih Bapa, jadikan hamba manusia baru dan layak dihadapan Mu.. Amin

    ReplyDelete