Sunday, August 30, 2020

JANGAN HANYA MENGKLAIM BERKAT

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 30 Agustus 2020

Baca:  Ulangan 28:1-14
 
"TUHAN akan mengangkat engkau menjadi kepala dan bukan menjadi ekor, engkau akan tetap naik dan bukan turun, apabila engkau mendengarkan perintah TUHAN,..."  Ulangan 28:13
Alkitab menyatakan Tuhan menyediakan berkat-berkat-Nya bagi orang percaya secara terperinci!  Salah satu berkat Tuhan adalah pemulihan, di mana Ia akan mengangkat hidup orang:  grafik hidupnya akan naik dan bukan turun  (ayat nas).  Banyak orang Kristen memakai ayat ini sebagai senjata mengklaim janji Tuhan:  "Aku sudah mengikut Tuhan bertahun-tahun dan beribadah kepada-Nya, tapi mengapa hidupku tidak mengalami perubahan apa-apa, padahal Tuhan telah berjanji akan mengangkat hidup orang percaya!"
     
     Jangan asal saja mengklaim janji Tuhan dengan penggalan ayat tersebut tanpa memperhatikan ayat tersebut secara penuh, sebab ada kelanjutannya:  "...apabila engkau mendengarkan perintah TUHAN,...dan apabila engkau tidak menyimpang ke kanan atau ke kiri dari segala perintah yang kuberikan kepadamu pada hari ini, dengan mengikuti allah lain dan beribadah kepadanya."  (Ulangan 28:13-14).  Saul adalah contoh orang yang justru mengalami kemunduran dan kemerosotan dalam hidup, padahal awalnya ia adalah seorang raja Israel yang diurapi Tuhan.  Tapi sayang pemerintahan yang dipimpinnya tidak dapat bertahan lama, alias mengalami keruntuhan, oleh karena ia tidak lagi punya hati yang takut akan Tuhan.  Karena ketidaktaatannya sendiri, karena hidupnya telah menyimpang dari kehendak Tuhan, grafik hidup Saul tidak naik, tapi terjun bebas:  mengalami penolakan dari Tuhan dan Roh Tuhan juga meninggalkan dia.
     
     Melihat tentara Filistin berkumpul dekat Sunem untuk menyerang Israel, Saul sangat ketakutan.  Ia berdoa, namun  "...TUHAN tidak menjawab dia, baik dengan mimpi, baik dengan Urim, baik dengan perantaraan para nabi."  (1 Samuel 28:6), lalu ia pun menempuh jalan pintas mencari pertolongan lain:  "'Carilah bagiku seorang perempuan yang sanggup memanggil arwah; maka aku hendak pergi kepadanya dan meminta petunjuk kepadanya.' Para pegawainya menjawab dia: 'Di En-Dor ada seorang perempuan yang sanggup memanggil arwah.'"  (1 Samuel 28:7).
 
Tuhan takkan mengangkat hidup seseorang bila ia tak mau taat melakukan firman-Nya!  Kalau kita hidup dalam ketaatan, kita bisa klaim janji Tuhan.
 
Catatan:
"Aku akan menaruh belas kasihan kepada siapa Aku mau menaruh belas kasihan dan Aku akan bermurah hati kepada siapa Aku mau bermurah hati. Jadi hal itu tidak tergantung pada kehendak orang atau usaha orang, tetapi kepada kemurahan hati Allah."  Roma 9:15-16

21 comments:

  1. Bertahan dalam melakukan firman Tuhan tidaklah mudah apabila kita masih memandang dan mencari kemegahan dunia...Kitab ulangan ini mengingatkan kita tentang kutuk dan berkat... Mau mendengarkan suara Tuhan dengan baik2 dan melaksanakanya kiranya menjadi motivasi kami yang ingin terus maju mencari Tuhan dan melekat erat dengan Bapa diSurga...Haleluya, terpujilah nama Yesus...Amin.

    ReplyDelete
  2. Bila hidup kita ingin diberkati Tuhan, teruslah setia dan melakukan perintah-perintahNYA. Praise the LORD!

    ReplyDelete
  3. Amin...trima kasih Firman Tuhan menyentuh kami...πŸ™πŸ™πŸ™

    ReplyDelete
  4. Amin Puji Tuhan πŸ™
    Lebih taat, lebih setia, lebih sabar lagi menjalani hidup dalam situasi iniπŸ™πŸ™‡‍♂️

    ReplyDelete
  5. Amin,Puji Tuhan,terima kasih Tuhan Yesus buat FirmanNya,Bapa sertai kami di setiap langkah kami ada perkenanan Tuhan dalam hidup kami,amin

    ReplyDelete
  6. Tuhan tuntunlah keluarga kami di setiap langkah hidup kami,supaya kami tidak menyimpang dari jalan yang Engkau tunjukkan(supaya kami tidak terantuk pada batu sandungan).Amin

    ReplyDelete
  7. Amin puji Tuhan.Berkat Tuhan akan kita terima selama kita hidup dalam firmanNYA,dan mengikuti kehendaknya."(Yer 29:12).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amim,puji Tuhan. Berkat Tuhan akan kita terima selama kita hidup dalam firmanNYA dan mengikuti kehendakNYA.(Yer 29:11).

      Delete
  8. Amin
    Percaya Tuhan akan mengangkat hidup kami yg saat ini dalam keterpurukan 😒😒

    ReplyDelete
  9. AminπŸ™‡‍♀️πŸ™‡‍♂️

    ReplyDelete
  10. Haleluya terpujilah Tuhan selama-lamanya..kiranya Roh kudus selalu mengiringi langkah kita agar kita tetap berjalan dijalanNYA..Amin..

    ReplyDelete