Sunday, July 5, 2020

WASPADALAH TERHADAP AJARAN SESAT!

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 5 Juli 2020


"Inilah firman Dia, yang memakai pedang yang tajam dan bermata dua:"  Wahyu 2:12

Kota Pergamus terletak sekitar 100 kilometer di sebelah utara Smirna, dikenal sebagai pusat kebudayaan Yunani.  Kepada jemaat di Pergamus ini Tuhan memperkenalkan diri-Nya,  "...yang memakai pedang yang tajam dan bermata dua:"  (ayat nas).  Alkitab menyatakan bahwa pedang tajam bermata dua adalah firman Tuhan yang penuh kuasa,  "...dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua manapun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita."  (Ibrani 4:12).

     Firman Tuhan adalah pedang Roh  (Efesus 6:17)  yang merupakan salah satu perlengkapan rohani yang harus dimiliki orang percaya dalam menghadapi peperangan rohani, supaya kita  "...dapat bertahan melawan tipu muslihat Iblis; karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara."  (Efesus 6:11-12).  Firman Tuhan adalah senjata untuk menangkal serangan-serangan Iblis, menghancurkan siasat dan tipu muslihatnya.  Pada waktu itu jemaat Pergamus sedang menghadapi masalah yang cukup berat, yaitu banyak bermunculan pengajar-pengajar sesat yang dengan sengaja menyampaikan ajaran-ajaran yang menyimpang dari Injil Kristus:  nilai-nilai kebenaran dikompromikan dengan tujuan untuk memuaskan telinga orang yang mendengarnya,  "Karena akan datang waktunya, orang tidak dapat lagi menerima ajaran sehat, tetapi mereka akan mengumpulkan guru-guru menurut kehendaknya untuk memuaskan keinginan telinganya."  (2 Timotius 4:3).

     Jika kita tidak memiliki fondasi yang kuat, tidak berakar kuat di dalam firman Tuhan, kita akan mudah untuk diombang-ambingkan dan digiring keluar dari kebenaran.  Oleh karena itu  "Waspadalah, supaya kamu jangan disesatkan."  (Lukas 21:8a).  Target orang percaya adalah mencapai  "...kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus, sehingga kita bukan lagi anak-anak, yang diombang-ambingkan oleh rupa-rupa angin pengajaran, oleh permainan palsu manusia dalam kelicikan mereka yang menyesatkan,"  (Efesus 4:13-14).

Firman Tuhan adalah senjata ampuh untuk melawan serangan-serangan Iblis!

17 comments:

  1. Ya Tuhan aku berpegang pada kebenaran firmanMu yang menjadi senjata melawan segala kehendak iblis yang selalu mengganggu kami... Hamba bersyukur firmanMu yang selalu mengingatkan kami bahwa bila tidak didalam Engkau, kami tidak dapat berbuat apa2 yakni pekerjaan tangan kami tidak punya kuasa mujizat dari padaMu...Didalam namaMu kami berdoa...Amin.

    ReplyDelete
  2. Firman Tuhan adalah senjata melawan serangan iblis untuk menuju kehidupan yang kekal bersama Tuhan Yesus.

    ReplyDelete
  3. Amin,Puji Tuhan terima kasih Tuhan Yesus,Bapa ajar kami untuk lebih mengerti firman Tuhan dan kami dapat melakukannya,terima kasih Tuhan Yesus,amin

    ReplyDelete
  4. Amin, Tuhan Yesus dimuliakan, dengan firmanNya kita dikuatkan menjalani tantangan dimasa kini.

    ReplyDelete
  5. Libatkan Tuhan lawanlah iblis

    ReplyDelete
  6. Terpujilah Tuhan.... πŸ™

    ReplyDelete