Monday, July 29, 2019

BERLAKU FASIK KARENA HARTA

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 29 Juli 2019

Baca:  Amsal 14:1-35

"Takut akan TUHAN adalah sumber kehidupan sehingga orang terhindar dari jerat maut."  Amsal 14:27

Salah satu tanda nyata bahwa orang tidak takut akan Tuhan adalah tak mau taat melakukan kehendak Tuhan.  Itu artinya ia menganggap remeh firman Tuhan.  Ada tertulis:  "Siapa meremehkan firman, ia akan menanggung akibatnya, tetapi siapa taat kepada perintah, akan menerima balasan."  (Amsal 13:13).  Apalagi kalau sudah hidup dalam berkat, berhasil, atau hidup mapan secara materi, ada banyak orang Kristen tidak lagi menyandarkan hidupnya kepada Tuhan, melainkan bersandar kepada harta kekayaan atau keberhasilannya.  Mereka berpikir bahwa dengan uang atau materi mereka dapat berbuat apa saja dan dapat membeli apa saja.  Tapi mereka lupa bahwa uang tak bisa membeli umur panjang.  Nyawa itu bukan berada di tangan dokter.  "Umur panjang ada di tangan kanannya, di tangan kirinya kekayaan dan kehormatan."  (Amsal 3:16).

     Bila Tuhan sudah memberkati hidup kita seharusnya kita semakin hidup takut akan Tuhan dan mengikuti jalan-jalan-Nya, sebab bila kita menyimpang dari jalan Tuhan dan tidak lagi menyandarkan hidup kepada Dia, bukan kebahagiaan yang kita peroleh, tapi jerat dan malapetaka.  Orang yang takut akan Tuhan pasti menemukan jalan yang penuh kebahagiaan,  "Karena Tuhanlah yang akan menjadi sandaranmu, dan akan menghindarkan kakimu dari jerat."  (Amsal 3:26).  "Jalannya adalah jalan penuh bahagia, segala jalannya sejahtera semata-mata."  (Amsal 3:17).  Kalau kita hidup takut akan Tuhan, kita akan mengalami kelimpahan berkat-Nya yang dapat dinikmati sampai anak cucu.  "Orang baik meninggalkan warisan bagi anak cucunya, tetapi kekayaan orang berdosa disimpan bagi orang benar."  (Amsal 13:22).

     Takut akan Tuhan adalah sumber kehidupan!  Sebaliknya orang yang tamak, yang menjadikan harta sebagai  'tuan'  dalam hidupnya, pasti akan celaka.  "Lebih baik sedikit barang dengan disertai takut akan TUHAN dari pada banyak harta dengan disertai kecemasan."  (Amsal 15:16).  Berkat yang Tuhan limpahkan kepada kita janganlah membuat kita berlaku fasik, tetapi biarlah membawa kemuliaan bagi nama Tuhan.  

Berkat Tuhan seharusnya membuat kita semakin takut akan Tuhan dan mengasihi Dia lebih dan lebih lagi.

10 comments:

  1. Anugerah dan Kasih Sayang Tuhan sajalah yang melindungi dan menyelamat kita, ร€min.

    ReplyDelete
  2. Aminnn Puji Tuhan Yesus.. Takut akan Tuhan prinsip kuat Iman kita...aminn

    ReplyDelete
  3. Trimakasih tuhan atas berkat yg telah engkau berikan
    Terpujilah namamu tuhan
    Amin

    ReplyDelete
  4. Firman yang indah...kiranya Roh Kudus menolong dan memampukan kita semua untuk bisa melakukannya. Tuhan Yesus memberkati kita semua, amin.

    ReplyDelete
  5. Puji syukur hamba ucapkan padaMu biarlah hamba tetap setia melayanimu dan takut akan perintahMu ya Tuhan. Berkatiku selalu dan lingkupiku. Amin

    ReplyDelete
  6. Ya Tuhan kubersyukur sebab aku milikMu.. berkatiku selalu dan lingkupiku. Amin

    ReplyDelete