Sunday, April 19, 2020

HARTA DUNIAWI TAK BISA MENOLONG

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 19 April 2020

Baca:  Amsal 11:1-31

"Pada hari kemurkaan harta tidak berguna, tetapi kebenaran melepaskan orang dari maut."  Amsal 11:4

Secara alamiah manusia memiliki dorongan yang kuat untuk mencari, mengejar dan menikmati benda atau materi di dunia ini.  Banyak orang menganggap bahwa harta atau materi adalah yang terpenting dalam hidup ini, karena itu mereka berlomba-lomba untuk mengumpulkan harta sebanyak-banyaknya.  Hal mengejar materi atau harta ini juga terjadi di zaman di mana Kristus berada di bumi:  para pemimpin agama  (ahli-ahli Taurat dan orang Farisi)  justru menjadi sangat materialistis dan tamak.  Karena itu Tuhan mengecam mereka yang menggunakan kedok  'pelayanan'  demi memperkaya diri.

     Rasul Paulus menasihati,  "Memang ibadah itu kalau disertai rasa cukup, memberi keuntungan besar. Sebab kita tidak membawa sesuatu apa ke dalam dunia dan kitapun tidak dapat membawa apa-apa ke luar."  (1 Timotius 6:6-7).  Kita harus ingat bahwa kita ini tidak membawa apa pun saat lahir ke dunia ini dan tidak membawa apa pun juga ketika kita dipanggil pulang  (meninggal).  Ketika hartanya ludes, Ayub tetap bisa mengucap syukur karena ia sadar bahwa harta yang dimilikinya itu hanyalah titipan Tuhan,  "Dengan telanjang aku keluar dari kandungan ibuku, dengan telanjang juga aku akan kembali ke dalamnya. TUHAN yang memberi, TUHAN yang mengambil, terpujilah nama TUHAN!"  (Ayub 1:21).  Pada zaman dahulu ukuran kekayaan orang dapat dilihat dari pakaian yang dikenakan, yang biasanya dilengkapi dengan berbagai aksesoris berlapiskan emas dengan bahan pakaian yang terbuat dari kain lenan halus atau wol  (padahal wol adalah bahan yang paling disukai oleh ngengat).  Harta kekayaan juga selalu menjadi incaran pencuri, karena itu orang zaman dahulu berusaha menyimpan hartanya di bawah tanah, di luar rumah atau ladang, namun pencuri tetap saja bisa mencuri, membongkar dan mencurinya.  "Janganlah kamu mengumpulkan harta di bumi; di bumi ngengat dan karat merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya."  (Matius 6:19).

     Firman Tuhan memperingatkan kita untuk mengumpulkan harta di sorga, bukan harta di bumi, itulah yang akan membawa kita sampai kepada kekekalan.

Jangan pernah menyandarkan hidup kepada harta duniawi.  Itu sia-sia belaka!  Sebab harta duniawi tak bisa menolong, apalagi menyelamatkan hidup kita.

10 comments:

  1. Harta dunia keindahan tidak akan memberi kepuasan, milikilah harta surgawi, haleluya Amin..

    ReplyDelete
  2. Harta yg teridah adalah kita punya Yesus yg hidup...Amin

    ReplyDelete
  3. Ajarlah anakmu ini ya tuhan yesus untuk memiliki iman seperti ayub. Amin.

    ReplyDelete
  4. Amin. ALLAH ku sungguh dasyat, sunnguh luar biasa..πŸ™πŸ™
    ,,,,Happysunday,,,,,,

    ReplyDelete
  5. Amin,,,Happy SundayπŸ™πŸ™

    ReplyDelete
  6. Sungguh dahsyat,,bahwa kita punya Tuhan Yesus yg luar biasa,tanpa Dia kita tdk bisa hidup dgn keadaan kita skrg...Aminnnn

    ReplyDelete
  7. Amin Puji TuhanπŸ™πŸ™πŸ™

    ReplyDelete